Demo Tolak Kenaikan Harga BBM Digelar di 9 Titik Hari Ini

Redaksi Utama
Senin, 05 September 2022 | 17:25 WIB Last Updated 2022-09-05T10:25:40Z

TERBIT.ID | JAKARTA – Aksi demonstrasi penolakan kenaikan harga BBM digelar hari ini. 19 elemen masyarakat akan melaksanakan aksi serentak di 9 titik berbeda.

"Ada sembilan titik demo dari 19 elemen massa," ujar Kasat Lantas Wilayah Jakarta Pusat Kompol Purwanta kepada wartawan, Senin (5/9/2022).

Namun demikian, tidak dijelaskan di mana saja sembilan titik lokasi aksi tersebut. Yang jelas pusat aksi penolakan kenaikan harga BBM ini akan berlangsung di Patung Kuda dan DPR.

Dia pun mengungkapkan bahwa, aksi massa tersebut akan diikuti oleh ribuan peserta, dengan estimasi tiap elemen membawa 60 hingga 100 orang.

"Belum ada kepastian. Ada yang 100, terus nanti ada yang 60, kita belum tahu," ujarnya.

Kendati demikian, belum ada rekayasa lalu lintas yang akan dilakukan pihak kepolisian. Purwanta mengatakan, rekayasa lalu lintas berlaku situasional sesuai kebutuhan di lapangan.

"Tentatif (situasional) sesuai kebutuhan (di lapangan)," Tandas Purwanta.

Sebelumnya, Ketua Umum PB PMII Abdullah Syukri dalam keterangan tertulisnya, menyayangkan langkah pemerintah menaikkan harga BBM bersubsidi jenis Pertalite. Kebijakan ini dinilai tidak mempertimbangkan kondisi ekonomi masyarakat saat ini.

"Kami sebagai PMII sangat menyayangkan kebijakan pemerintah tersebut. Kami menolak keras keputusan pemerintah yang tidak mempertimbangkan kondisi masyarakat," kata Abe, sapaan akrab Abdullah Syukri, Minggu (4/9/2022).

Dilansir dari Okezone.com, menurutnya, kebijakan pemerintah menaikkan harga BBM seharusnya diimbangi dengan peningkatan upah buruh dan fasilitas publik yang memadai seperti negara-negara lain yang selalu menjadi rujukan perbandingan harga BBM. Sementara di Indonesia kondisinya berbanding terbalik.

"Pemerintah sebagai pihak yang memiliki fungsi state management seharusnya setiap mau mengambil kebijakan berdasarkan pertimbangan yang matang. Kebijakan yang mau diambil harus dipikirkan secara holistik. Karena kebijakan menaikkan harga BBM ini akan berdampak dari hulu hingga hilir," Pungkas Abe. (red).

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Demo Tolak Kenaikan Harga BBM Digelar di 9 Titik Hari Ini

Trending Now

Iklan