Dampak Puting Beliung Ratusan Rumah dari 6 Kecamatan di Sukabumi Alami Kerusakan

Redaksi
Selasa, 16 Agustus 2022 | 00:47 WIB Last Updated 2022-08-15T23:40:17Z

Pohon Tumbang Menimpa Rumah Warga di Desa Sukatani Kecamatan Parakan Salak Kabupaten Sukabumi, Senin, (15/8/2022). Foto : R Cking. 

TERBIT.ID | Sukabumi - Dampak hujan disertai angin puting beliung pada Minggu,14 Agustus 2022 sore mengakibatkan ratusan rumah dari enam kecamatan di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, alami rusak. 

Informasi dihimpun terbit.id, hingga Senin (15/8/2022) sore, data sementara yang masuk ke Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi, mencatat ratusan rumah mengalami kerusakan ringan hingga berat. Angka tersebut merupakan data sementara dari laporan yang masuk hingga, Senin (15/8/2022). 

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Beki Supriatna, mengatakan ada enam kecamatan yang melaporkan kerusakan akibat bencana puting beliung pada Minggu, 14 Agustus 2022.

"Dari data yang kami (BPBD) peroleh hingga kini ada laporan dari 6 kecamatan yang masuk, yakni di Gegerbitung, Sukalarang, Parung Kuda, Parakan Salak, Kabandungan, dan Bojong Genteng," tutur Beki saat memimpin tim untuk mengevakuasi pohon yang masih menimpa rumah di Desa Sukatani Kecamatan Parakan Salak, Senin (15/8/2022). 

Dari data sementara itu kurang lebih ada sekitar 100 rumah yang mengalami kerusakan sedang hingga berat. Dari total kerusakan rumah tersebut penyebabnya didominasi oleh pohon tumbang yang menimpa rumah dan sejauh ini belum ada laporan korban jiwa. Hingga kini pihak BPBD pun masih terus berupaya mengevakuasi pohon yang masih menimpa rumah warga sambil terus melakukan asesmen jumlah korban terdampak. 

"Tingkat kesulitan untuk evakuasi sangat tinggi karena harus mempertimbangkan banyak hal terutama pada pohon yang masih menimpa rumah," sambung Beki

BPBD pun mengimbau pada masyarakat terutama korban terdampak puting beliung untuk terus waspada dan siaga, 

"Untuk jumlah KK dan jiwa itu masih dalam pendataan, kami imbau warga untuk selalu siap siaga dan waspada," pungkasnya. (R Cking). 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dampak Puting Beliung Ratusan Rumah dari 6 Kecamatan di Sukabumi Alami Kerusakan

Trending Now

Iklan