CSR AQUA Mekarsari Bantu Pemdes Purwasari Cicurug Sukabumi Bangun Posko Destana

Redaksi
Rabu, 24 Agustus 2022 | 15:31 WIB Last Updated 2022-08-24T08:45:28Z

TERBIT.ID | Sukabumi - Corporate Social Responsibility (CSR) AQUA Mekarsari bantu Pemdes Purwasari, Kecamatan Cicurug, bangun posko Desa Tangguh Bencana (Destana) di lingkungan Kantor Desa Purwasari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Selasa, (23/8/2022). 

Pantauan terbit.id, Upaya serius Pemerintah Desa Purwasari, Kecamatan Cicurug dalam mengantisipasi bencana alam melalui posko Desa Tangguh Bencana (Destana) disambut baik oleh AQUA Mekarsari. Dibukanya Posko Destana yang berada di lingkungan Kantor desa Purwasari kedepannya akan menjadi sentral informasi bencana alam. 

Tim Corporate Social Responsibility AQUA Mekarsari Beny Satyahadi, menyampaikan, Kilas balik perjalanan posko Desa Tangguh Bencana di Desa Purwasari sejak tahun tahun 2021. 

" Mulai program tahun ini, awalnya kita diundang oleh pihak Desa kita lihat mereka mempunyai potensi apa tapi selain punya potensi mempunyai kekurangan. Salah satu potensinya kan disana karena Desa Purwasari sering terjadi bencana, sering terjadi longsor, dan lain sebagainya,"Jelas Beny, kapada terbit.id, Rabu, (24/8/2022).

Lebih lanjut Beny, waktu itu disampaikan oleh Pak Sekdes. Hanya saja di tahun 2022, program ini tidak berjalan karena dana desa terserap habis oleh penanganan Covid 19.

"makanya minta bantuan ke kami AQUA untuk memfasilitasi. Karena kita konsen juga ke bencana alam dan kebetulan Desa Purwasari kan Ring satu AQUA, kita konsen masalah penanganan bencana," Ungkapnya. 

Dikatakan Beny, pihaknya AQUA membantu mulai dari sarana dan prasarana hingga siap digunakan oleh para relawan. Sampai seragam Tagana lengkap, kalau sekarang bisa dilihat ada seragam semua, seperti seragam batik loreng orange ada logo AQUA dan Destana. 

" kita ajukan juga pelatihannya, awalnya hanya modal semangat saja sekarang kita panggil dari , Kepala Pelaksanaan (Kalak) BPBD kabupaten Sukabumi Pak Wawan langsung memberikan ditraining, kebetulan yang kami tahu baru Desa Purwasari saja yang punya Tagana jadi Pak Kalak senang dan terjun langsung kesana mentraining semuanya," Bebernya. 

Disampaikan Beny, dengan terbangunnya Posko ini, yang terpenting adalah keinginan masyarakat terpenuhi karena didalamnya ada swadaya masyarakat sehingga efektivitas posko untuk menghadapi dan menangani bencana alam akan lebih cepat dan lebih optimal. 

" Harapannya saya setelah program Posko Destana selesai, jadi di Purwasari itu punya program namanya Desa Tangguh Mandiri. Desanya Tangguh menghadapi bencana serta mandiri," Tandasnya.

Sementara Sekretaris Desa Purwasari Agus Setiagunawan mengatakan, 
Desa tangguh bencana (Destana) merupakan desa yang memiliki kemampuan untuk mengenali ancaman di wilayahnya dan mampu mengorganisir sumber daya masyarakat untuk mengurangi kerentanan dan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi risiko bencana.
 

"bahwa dalam upaya untuk mewujudkan ketangguhan masyarakat dalam menghadapi bencana, Pemerintah Desa Purwasari memiliki perhatian serius atas upaya-upaya peningkatan kapasitas untuk masyarakat desa salah satunya adalah dengan mendirikannya Posko Destana dari Csr AQUA Mekarsari," Ujar Agus. 

Pihaknya menyampaikan, Ucapan Terima kasih kami ucapkan kepada pihak CSR PT. Aqua Golden Mississippi. Semoga dengan adanya Posko Destana ini bisa bermanfaat untuk kita semua khususnya masyarakat Desa Purwasari dalam mewujudkan ketangguhan masyarakat untuk menghadapi kebencanaan,"imbuhnya. (Tim Red). 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • CSR AQUA Mekarsari Bantu Pemdes Purwasari Cicurug Sukabumi Bangun Posko Destana

Trending Now

Iklan