-->
  • Jelajahi

    Copyright © TERBIT.ID | BERITA TERBIT HARI INI
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Health

    Wapres Resmikan Halal Industry Event 2022

    Redaksi
    Selasa, 24 Mei 2022, 21:39 WIB Last Updated 2022-05-24T14:39:31Z

    TERBIT.ID | JAKARTA - Halal Industri Event 2022 diresmikan langsung oleh Wakil Presiden RI, Maruf Amin di Thamrin City, Jakarta, Selasa (24/5).

    Pada rangkaian peresmian tersebut juga diluncurkan The State of Global Islamic Economy Report (SGIER) 2022, Gerakan Retail Modern Peduli Produk Halal, Halal Center Indonesia, dan soft launching aplikasi scanner halal pertama di Indonesa “Haliv”.

    "Saya sangat mengapresiasi inisiator kegiatan Halal Industri Event ini. Hari ini kita menyaksikan inisiasi dari pelaku ritel modern untuk men-display produk-produk halal dalam rak-rak di supermarketnya," kata Wapres Maruf Amin dalam sambutannya.

    Halal Industri Event 2022 diprakarsai Indonesia Halal Lifestyle Center (IHLC) dan didukung oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) dan Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (Aprindo).

    Sedangkan SGIER merupakan laporan tahunan yang hingga saat ini menjadi sumber informasi dan referensi pembangunan dan pengembangan ekonomi Islam global dan disusun DinarStandard Dubai.

    Chairman IHLC, Sapta Nirwandar menuturkan, SGIER dilengkapi komponen inovasi sebagai penilaian dalam indikatornya dan best practice dari berbagai negara dalam menciptakan alternatif di masa pandemi.

    “SGIER 2022 ini edisi ke-9 yang cukup istimewa karena merekam data-data menggeliatnya ekonomi Islam yang recovery pasca pandemi Covid-19,” jelasnya.

    Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif era Presiden SBY ini memprediksi pemulihan ekonomi di tahun ini akan meningkat sebesar 9,1 persen, setelah sebelumnya lesu akibat hantaman pandemi.

    Peluang tersebut ada dan lebih besar terutama di sektor pangan halal dan modest fashion. Hal ini terlihat pada sektor halal food  Indonesia masuk peringkat kedua setelah di tahun sebelumnya berada di peringkat keenam.
     
    “Hal ini tentu memberikan semangat dan sejalan dengan tekad dan kebijakan pemerintah yang dikomandoi langsung oleh Bapak Presiden Jokowi dan Wapres KH Maruf Amin untuk menjadikan Indonesia pusat produsen produk halal dunia di tahun 2024,” lanjut Sapta.

    Di event ini, Wapres Maruf Amin juga meresmikan Halal Center Indonesia, yakni area showcase dan direct selling bagi produk-produk UMKM Halal Nusantara.

    Para UMKM yang mengikuti program di Halal Center Indonesia akan mendapat program inkubasi untuk memperoleh sertifikasi BPJPH, workshop akses pasar retail modern, Islamic financing, serta workshop lainnya yang berkaitan dengan kesiapan ekspor. (*)

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru

    KESEHATAN

    +