Facebook Sebut Apple iOS 14 Dapat Memangkas Pendapatan Iklan Jaringan

TechnoNews
Jumat, 28 Agustus 2020 | 01:02 WIB Last Updated 2021-06-12T12:57:24Z
Facebook Sebut Apple iOS 14 Dapat Memangkas Pendapatan Iklan Jaringan

TERBIT ■ Facebook pada hari Rabu mengakui bahwa Apple iOS 14 yang akan datang dapat menyebabkan penurunan lebih dari 50% dalam bisnis periklanan Audience Network.

Facebook sebelumnya telah memperingatkan bahwa iOS 14 dapat memengaruhi bisnis periklanannya, tetapi entri blog perusahaan pada hari Rabu menguraikan seberapa spesifik dampak itu.

Jaringan Audiens Facebook memungkinkan pengembang perangkat lunak seluler untuk menyediakan iklan dalam aplikasi yang ditargetkan untuk pengguna berdasarkan data Facebook.

Saat ini, pengiklan dapat menggunakan nomor ID perangkat unik yang disebut IDFA untuk menargetkan iklan dengan lebih baik dan memperkirakan keefektifannya.

Di iOS 14, setiap aplikasi yang ingin menggunakan pengenal ini akan meminta pengguna untuk ikut serta dalam pelacakan saat aplikasi pertama kali diluncurkan.

Facebook mengatakan aplikasinya tidak akan mengumpulkan informasi IDFA di iOS 14.

Facebook mengatakan, lebih dari 1 miliar orang melihat setidaknya satu iklan Jaringan Audiens setiap bulan, meskipun banyak dari mereka mungkin menggunakan ponsel Android dan tidak akan terpengaruh oleh perubahan tersebut.

Facebook memperoleh hampir semua pendapatannya dari iklan, tetapi tidak diketahui berapa persen yang dapat diatribusikan ke Audience Network versus iklan di Facebook dan properti lainnya.

Apple belum mengatakan kapan iOS 14 akan diluncurkan, tetapi diperkirakan akan diluncurkan tahun ini.

Jejaring sosial menerbitkan blog yang menguraikan langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan bisnis periklanannya sesuai dengan persyaratan Apple. Langkah-langkah ini akan membatasi seberapa efektif Facebook dan pengiklannya dapat menargetkan iklan ke pengguna iPhone dan iPad.

“Kami tahu bahwa hal ini dapat sangat memengaruhi kemampuan penerbit untuk memonetisasi melalui Audience Network di iOS 14, dan, terlepas dari upaya terbaik kami, dapat membuat Audience Network sangat tidak efektif di iOS 14 sehingga mungkin tidak masuk akal untuk menawarkannya di iOS14 di masa mendatang, Kata Facebook dalam sebuah posting blog.

“Meskipun sulit untuk mengukur dampak terhadap penerbit dan pengembang pada saat ini dengan begitu banyak yang tidak diketahui, dalam pengujian kami telah melihat lebih dari 50% penurunan pendapatan penerbit Audience Network ketika personalisasi dihapus dari kampanye pemasangan iklan seluler,” kata Facebook .

“Pada kenyataannya, dampak terhadap Audience Network di iOS 14 mungkin jauh lebih besar, jadi kami sedang mengerjakan strategi jangka pendek dan jangka panjang untuk mendukung penayang melalui perubahan ini.”

Saham Facebook ditutup naik lebih dari 8% pada Rabu, meskipun ada pengumumannya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Facebook Sebut Apple iOS 14 Dapat Memangkas Pendapatan Iklan Jaringan

Trending Now

Iklan