Diklat Anggota HMP: Sutejo Tekankan HMP Sebagai Rumah Lebah

BASS BOSS
Selasa, 10 Desember 2019 | 10:32 WIB Last Updated 2021-06-12T13:06:08Z
Diklat Anggota HMP: Sutejo Tekankan HMP Sebagai Rumah Lebah

TERBIT  ■ Usung tema “Olah Sikap Anti Hoaks dengan Literasi”, Himpunan Mahasiswa Penulis (HMP) STKIP PGRI Ponorogo selenggarakan Diklat Anggota dan Workshop Penulisan Berita. Hadir sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut adalah Sutejo, Ketua STKIP PGRI Ponorogo.

“Generasi muda kita memang rawan terpapar berita-berita hoaks, oleh sebab itu perlu adanya kesadaran dalam berliterasi sejak dini.” ungkap pakar literasi yang pernah diundang Kemendikbud itu, belum lama ini.

Sutejo memberikan materi motivasi kepada anggota baru dan panitia kegiatan diklat. Menurutnya ada lima kunci menjadi penulis jempolan.


Kelima kunci tersebut adalah 1) Menjadikan menulis sebagai hobi; 2) Adanya inspirasi; 3) Inspirasi tersebut dijadikan model; 4) Bisa memanfaatkan industri kreatif; dan 5) Memiliki serta memegang prinsip rumah lebah.

Prof. Dr. Djoko Saryono adalah salah satu contoh tokoh yang menginspirasi Sutejo. Beliau menceritakan ketika berkuliah di Malang dulu, saat sering berdiskusi dengan Guru Besar Universitas Negeri Malang tersebut.

“Saya melihat ketika beliaumemberikan materi sangat enak, tidak terputus, dan memberikan impresi di benak pendengar,” kenang Sutejo ketika bercerita.

Selain memberikan motivasi sebagai penulis, sutejo juga memberikan inspirasi pengelolaan organisasi pada para calon pengurus HMP. Menurutnya ada enam kunci sukses organisasi, yaitu 1) Satu visi; 2) Satu misi; 3) Satu gerak; 4) Satu semangat; 5) Satu rasa; dan 6) Satu jiwa.

Menurutnya keenam kunci ini adalah nilai yang harus dipahami dan merasuk kedalam sanubari setiap anggota.

“HMP harus bisa menjadi rumah lebah bagi siapa saja yang singgah. Selalu menebarkan inspirasi dan memberikan kisah manis,” tambahnya.

Selain Sutejo, hadir pula Suci, Sri Wahyuni, Agus, dan Sapta Arif. Sri dan Suci berbagi cerita dan pengalaman ketika menjadi anggota HMP dulu. Sedangkan Agus dan Sapta berbagi tips menulis berita.

“Kegiatan ini berlangsung dua hari. Sabtu memang kami fokuskan untuk pemberian materi, sedang Minggunya adalah kegiatan keakraban,” pungkas Heru, Waka III bidang Kemahasiswaan.

■ Red/ Sapta



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Diklat Anggota HMP: Sutejo Tekankan HMP Sebagai Rumah Lebah

Trending Now

Iklan