Kepolisian Polda Jabar Siapkan Jalur Mudik Lebaran dengan Kesiapan 80%"

Redaksi
Selasa, 02 April 2024 | 01:37 WIB Last Updated 2024-04-01T18:45:33Z
Karo Ops Polda Jabar Kombes Pol Budi Sasono M.H di dampingi Kapolres Sukabumi AKBP Tony Prasetyo (Kiri) dan Kabag Ops Polres Sukabumi Kompol Maryono(Kanan) usai cek kesiapan Pos Terpadu Polres Sukabumi di Exit Tol Parungkuda, Senin(1/4/2024). Foto : R.Cking.

TERBIT.ID, Sukabumi - Jajaran Kepolisian Polda Jabar melakukan pemeriksaan jalur persiapan arus mudik Lebaran 1445 H tahun 2024 secara serentak. Karo Ops Polda Jabar, Kombes Pol Budi Sasono M.H, menyampaikan hal tersebut saat meninjau kesiapan Pos Terpadu Polres Sukabumi di Exit Tol Parungkuda, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Senin (1/4/2024).

Pada kesempatan tersebut, Karo Ops Polda Jabar didampingi oleh sejumlah pejabat tinggi, termasuk  Dir Binmas Kombes Pol Gunarso, Kabid Keu Kombes Pol Heni Kresnowati, Kasetum AKBP Eti Mulyati, Wadir Lantas AKBP Edwin Afandi, Kapolres Sukabumi AKBP Tony Prasetyo beserta jajaranya melakukan peninjauan kesiapan Pos Terpadu Polres Sukabumi. Serta melakukan survei jalur serempak dari Polresta Bandung hingga Pangandaran, Ciamis, Tasikmalaya, Banjar, dan Tasikmalaya Kota.

Kombes Pol Budi Sasono menyatakan bahwa kesiapan jajaran sudah mencapai 80%, dengan hampir semua pos-pos berdiri dan tinggal panel data. Namun, masih diperlukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah untuk menambal jalur-jalur yang belum siap.

"Dalam pengawasan ditemukan beberapa daerah dengan kondisi jalan yang belum layak, dan PUPR langsung dihadirkan untuk memperbaikinya," jelas Budi kepada terbit.id, Senin(1/4/2024). 

Diakuinya, untuk mengamankan arus mudik Lebaran 1445 H, pihaknya menurunkan total personil yang dilibatkan dari Polda Jawa Barat adalah 27.162 personil, terdiri dari Polri sebanyak 16.000-an dan TNI serta dinas terkait sebanyak 10.000-an.

"Kendati diprediksi akan terjadi kemacetan di jalan tol, terutama dari Cikampek, namun anggota sudah siap di lapangan," tegasnya. 

Lebih lanjut Budi, untuk mengantisipasi kemacetan jajaranya sudah mempersiapkan rencana rekayasa arus lalu lintas seperti kontra flow dan one way. 

Budi menambahkan, Di Sukabumi terlihat beberapa kemacetan terutama di Pasar Cibadak, namun anggota sudah siap untuk mengatasi hal tersebut.

Diprediksi arus mudik akan mencapai puncaknya mulai tanggal 5, sesuai dengan yang disampaikan oleh Menteri Perhubungan. 

"Sebelum melakukan mudik, telah dilakukan himbauan oleh Menteri, Kapolri, dan pihak terkait untuk memastikan kendaraan dan rumah masing-masing dalam kondisi aman," pungkasnya. 



Editor : R.Cking.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kepolisian Polda Jabar Siapkan Jalur Mudik Lebaran dengan Kesiapan 80%"

Trending Now

Iklan