Diseminasi Administrasi Pemerintahan Desa 2024 di Sukabumi: Langkah Menuju Pembangunan Berkelanjutan

Redaksi
Rabu, 06 Maret 2024 | 12:09 WIB Last Updated 2024-03-09T01:57:39Z
TERBIT.ID, Sukabumi - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sukabumi menggelar Diseminasi Administrasi Pemerintahan Desa tahun 2024 untuk wilayah III. Acara ini dilaksanakan di aula Desa Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Pantauan Terbit.ID menunjukkan antusiasme peserta dari 26 Desa yang tersebar di 7 Kecamatan, termasuk Cicurug, Parungkuda, Cidahu, Bojonggenteng, Parakansalak, Kalapanunggal, dan Kabandungan.

Kabid Pemdes Hodan Firmansyah menyampaikan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai perencanaan pembangunan desa. Perencanaan ini melibatkan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan unsur masyarakat secara partisipatif untuk optimalisasi sumber daya desa demi pembangunan yang berkelanjutan.

"Mengingatkan pentingnya RPJMDes sebagai dasar penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) yang berlaku selama satu tahun. Dokumen ini merupakan implementasi dari RPJMDes," ujar Hodan kepada terbit.id, Rabu (6/3/2024).

Selain itu, Hodan menegaskan pentingnya evaluasi diri desa sesuai amanat Permendagri 81 tahun 2015. Hal ini penting untuk menentukan arah kebijakan pembangunan baik di tingkat pusat maupun kabupaten.

Dalam upaya meningkatkan tata kelolaan di desa, perangkat desa diingatkan untuk mengisi dokumen-dokumen dengan tertib sesuai tugas dan fungsi masing-masing. Evaluasi yang terus-menerus dilakukan bertujuan untuk memperbaiki kekurangan dan meningkatkan yang sudah baik.

Pencairan dana pembangunan desa juga terkait erat dengan perencanaan yang disusun dalam RPJMDes dan RKPDes, serta APBDes. Hal ini menegaskan pentingnya perencanaan dalam pembangunan desa.

Bupati Sukabumi melalui kabid Pemdes Hodan Firmansyah juga menegaskan pentingnya tata kelola pemerintahan desa yang baik, mengacu pada regulasi dan prinsip-prinsip pembangunan. Transparansi dalam pengelolaan menjadi kunci untuk mewujudkan visi Kabupaten Sukabumi yang religius, maju, inovatif, dan masyarakat sejahtera lahir dan batin.

"Dengan adanya diseminasi ini, diharapkan proses administrasi pemerintahan desa semakin baik, dan membawa Kabupaten Sukabumi menuju pembangunan yang berkelanjutan dan masyarakat yang lebih sejahtera," pungkas. 



Editor  : R.Cking.



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Diseminasi Administrasi Pemerintahan Desa 2024 di Sukabumi: Langkah Menuju Pembangunan Berkelanjutan

Trending Now

Iklan