Badai Melanda Magetan: Pohon Tumbang di Wilayah Plaosan

Redaksi
Minggu, 10 Maret 2024 | 07:15 WIB Last Updated 2024-03-10T00:16:32Z
TERBIT.ID, Magetan - Setidaknya 5 pohon tumbang akibat di terjang angin disertai hujan yang terjadi selama lima jam di wilayah Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, pada Sabtu (9/3/2024). 

Salah satu pengguna jalan yang terjebak hujan Sriyanto mengatakan, Hujannya deras dan berlangsung lama. Saya terjebak hujan dan mencari perlindungan di Kecamatan Sukomoro. Baru pulang ke rumah di Caruban, Madiun, sekitar pukul 20.00," singkatnya Sriyanto. 

Gigin, Operator Pusdalops BPBD Magetan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat melaporkan jumlah pohon yang tumbang terus bertambah akibat kondisi cuaca ekstrem yang berlangsung. Namun, totalnya belum dapat ditentukan karena masih dalam proses pendataan.

"Ya, awalnya terdapat 5 lokasi dengan pohon tumbang. Namun saat ini, laporan yang masuk semakin bertambah. Belum dapat disebutkan jumlahnya karena masih dalam pendataan," ungkap Gigin. 

Lima lokasi di mana pohon tumbang terjadi berada di Kecamatan Plaosan, tepatnya di sekitar Telaga Sarangan, Lapangan Kantor Kelurahan Sarangan, depan Kantor PLN Sarangan, dan jalur Sarangan - Tawang Mangu.

Sementara itu Kepala Desa Sarangan, Sudiharto, membenarkan bahwa pohon tumbang di wilayahnya disebabkan oleh cuaca ekstrem, termasuk hujan deras yang berlangsung berjam-jam dengan angin kencang.

Menurut Sudiharto, tidak ada korban jiwa atau luka-luka akibat bencana alam tersebut, dan tidak ada kerusakan signifikan pada fasilitas umum yang dilaporkan.

"Kejadian ini disebabkan oleh hujan deras yang disertai angin kencang. Untungnya, tidak ada korban jiwa atau luka-luka," ungkap Sudiharto.

Di area Telaga Sarangan dan sekitarnya, Sudiharto menyebutkan bahwa tim penanganan bencana telah dikerahkan untuk membersihkan material pohon yang tumbang. Tim ini melibatkan BPBD, Tagana, PMI, TNI, Polri, petugas pemerintah setempat, Hanom Hancala, relawan bencana, dan masyarakat setempat.

"Sebelum kejadian pohon tumbang, Magetan dilanda hujan yang berlangsung lama dengan intensitas sedang hingga deras. Hujan dimulai sekitar pukul 13.00 dan berlanjut hingga senja," ucapnya. 

Hingga saat ini, tim penanganan bencana Magetan masih melakukan pendataan terkait lokasi dan jumlah pohon tumbang yang dilaporkan belakangan.

Pihaknya juga menghimbau, Masyarakat luas, khususnya warga Magetan dan sekitarnya, diimbau untuk tetap waspada dan berhati-hati. Musim hujan diperkirakan belum berakhir, meningkatkan risiko bencana alam," pungkasnya. 




Kontri  : Fin. 
Editor  : R.Cking.



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Badai Melanda Magetan: Pohon Tumbang di Wilayah Plaosan

Trending Now

Iklan