PT AIO Cicurug Sukabumi Luncurkan Otsuka Blue Planet, Kampungku Bersih dan Sehat

Redaksi
Minggu, 03 Desember 2023 | 11:44 WIB Last Updated 2023-12-05T06:49:57Z
TERBIT.ID, Sukabumi -  PT Amerta Indah Otsuka (AIO), perusahaan yang memproduksi Pocari Sweat menyelenggarakan lomba kampung bersih dan sehat di Desa Kutajaya, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Lomba ini merupakan bagian dari program Otsuka Blue Planet dengan tema ‘Kampungku Bersih Keluargaku Sehat’. 

Lomba dilaksanakan dengan menggandeng Pemerintah Desa (Pemdes) Kutajaya dan Paguyuban Sehati. 

Head Of HR dan Corporate Communications PT AIO, Ujang Supian menyatakan kegiatan tersebut diinisiasi oleh masyarakat, posyandu Nangka 2, dan bank sampah Sehati.

"Program lomba kampung bersih ini adalah bagian dari program bank sampah sehati dan program besarnya Otsuka Blue Planet, jadi kita mendorong dengan bekerjasama dengan para pihak yang ada untuk membangun perilaku bersih dan sehat dengan memilah sampah sedari rumah," kata Ujang kepada terbit.id, Minggu (3/12/2023). 

"Jadi tujuannya kita ingin membentuk perilaku masyarakat mengelola sampah secara mandiri mulai dari memilah sampah dari rumah organik dan anorganik, sebenarnya kita ingin mendorong masyarakat untuk bisa memanfaatkan sampah di rumahnya dalam bentuk yang lain sehingga sustainability program itu terjadi, artinya sampah akan semakin sedikit yang terbuang ke TPA," 

Lebih lanjut, Ujang menyatakan pengelolaan sampah secara mandiri sejalan dengan program pemerintah Kabupaten Sukabumi. “Saat ini kan Pak Bupati juga sedang menggalakkan pengelolaan sampah, dan kami rasa ini program yang sangat bagus dan perusahaan mendukung jadi sejalan juga,” ujarnya.

Maka dari itu, PT AIO berharap masyarakat dapat melaksanakan program pengelolaan sampah mandiri tersebut. Dalam hal ini, kehadiran pemerintah begitu penting karena memiliki peran untuk mendorong masyarakat. 

Pihak PT AIO dalam hal ini mengapresiasi Pemerintah Desa (Pemdes) Kutajaya terutama kepala desa (kades) yang telah mensupport kegiatan tersebut.

“Memang ini pialanya piala bergilir Pak Kades, ini juga mendapat dukungan dari Pak Kades terutama dari bank sehati dan Ketua RT,” ujarnya.

Lebih lanjut Ujang menuturkan tak sedikit program dijalankan hanya mengandalkan fasilitas dan bertumpu pada peralatan sehingga program hanya berjalan dalam jangka pendek saja. Sehingga yang didorong saat ini  adalah membentuk perilaku sehingga pihaknya yakin dengan peran serta masyarakat, bank sehati dan dukungan dari Puskesmas, program itu akan berjalan. 

"Kami yakin berjalan sesuai harapan.
Harapannya ini sebagai pemicu bagi masyarakat untuk memulai hidup bersih dan sehat dengan memilah sampah dari rumah dan mengelola serta memanfaatkan sampah yang bernilai ekonomis sehingga kita bisa menurunkan residu sampah yang dibuang ke TPA. Terutama membentuk perilaku itu yang menjadi tujuan utama kita," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Sehati sekaligus juga sebagai panitia pelaksana Agus Bagal mengatakan lomba tersebut dalam rangka menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Lomba diikuti oleh dua wilayah yaitu Kampung Benteng RT 07/04 dan Kampung Benteng RT 06/04. "Lomba ini diikuti oleh 26 grup dengan masing - masing grup berjumlah 5 sampai dengan 7 orang," tandasnya.

Lomba ini memperebutkan piala Kades Kutajaya dengan beberapa kriteria penilaian yaitu pilah sampah, kebersihan lingkungan pekarangan serta menanamkan konsep gotong royong di masyarakat. 

Kades Kutajaya Udin Suherman mengungkapkan pemdes mendukung penuh lomba kampung bersih dan sehat. Menurut dia, melalui kegiatan tersebut diharapkan masyarakat dan pihak perusahaan  dapat terus bersinergi ke depannya dalam berbagai hal terutama mengenai lingkungan.

Menurut dia, kegiatan bersih-bersih sampah sangat penting dilakukan apalagi di musim hujan seperti saat ini. Dengan membersihkan sampah, diharapkan masyarakat Desa Kutajaya tidak terjangkit penyakit.

Selain itu Udin menyatakan, kegiatan ini diharapkan memicu geliat budaya gotong royong dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan.

"Dengan adanya gairah dari Amerta Indah Otsuka ini akan menambah motivasi yang baik bagi warga masyarakat, ini merupakan salah satu contoh yang baik dan bagus, " tandasnya.

Reporter.    Us
Redaktur.     Andri.S
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PT AIO Cicurug Sukabumi Luncurkan Otsuka Blue Planet, Kampungku Bersih dan Sehat

Trending Now

Iklan