Pemdes Cihamerang Sukabumi Dianggap Tidak Terbuka Warga Segel Kantor Desa

Redaksi
Sabtu, 02 Desember 2023 | 11:47 WIB Last Updated 2023-12-04T03:25:03Z
TERBIT.ID, Sukabumi - Warga geruduk dan berakhir penyegelan kantor Desa Cihamerang, Kecamatan Kabandungan, setelah warga tidak bertemu dengan Kepala Desa untuk menyampaikan keterbukaan dari pemerintah dalam hal pembangunan di Desa Cihamerang, Kecamatan Kabandungan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Jumat, 01 Desember 2023.

Melalui Chat WhatsApp kepada terbit.id Camat Kabandungan Yuki Ramdan membenarkan adanya penutupan sementara Kantor Desa Cihamerang oleh masyarakat pada Jumat, 1 Desember 2023 sekira pukul 14.00 WIB. 
 
" Adapun Kronologis awal, pada pukul 13.00 Wib masyarakat datang ke kantor Desa langsung dipersilahkan masuk dan duduk di ruangan Aula Desa. Adapun maksud dan tujuan perwakilan masyarakat yang disampaikan oleh Rudi Gunawan als Dawan," ujar Yuki. 

Lebih lanjut Yuki mengatakan, Dalam pertemuan tersebut langsung diterima dan disampikan perwakilan perangkat desa. Namun pada saat itu Kepala Desa sedang Rapat di SI Selabintana.

" Warga menyampaikan ingin ada keterbukaan dari pemerintah dalam hal pembangunan di Desa Cihamerang, sekitar pukul 14.00 WIB, spontanitas warga masyarakat menutup Kantor Desa Cihamerang," pungkas Yuki, Jumat (01/12/2023) malam. 

Sementara itu Kapolsek Kalapanunggal Polres Sukabumi Iptu Damar Gunawan menyampaikan, bersama Camat Kabandungan melakukan pertemuan dengan perwakilan masyarakat di rumah salah satu warga masyarakat saudara Rudi Gunawan di Kampung Cileleuy RT 03/03 Desa Cihamerang Kecamatan Kabandungan, sekira pukul 20. 23 WIB malam. 

" Alhamdulillah kami bersama Bapak Camat Kabandungan tadi malam melakukan mediasi dengan perwakilan warga dan hasilnya warga sepakat nanti siang (Sabtu), pintu pagar kantor desa akan dibuka kembali, " ujar Damar. 

Lebih lanjut Damar, penyegelan pintu pagar Kantor Desa Cihamerang itu, dilakukan oleh warga karena warga menuntut keterbukaan pihak Desa dalam hal pembangunan di Desa Cihamerang. 

"Pada saat perwakilan warga datang ke kantor desa, kebetulan Bapak Kadesnya sedang kegiatan rapat diluar desa, jadi tindakan warga menyegel kantor desanya merupakan tindakan spontanitas saja," tandasnya. 

Kapolres Sukabumi Akbp Maruly Pardede melalui Kasi Humasnya Iptu Aah Saepul Rohman menanggapi dengan positif rencana pembukaan segel pintu pagar Kantor Desa oleh warga karena tentunya dengan dibukanya kembali pintu pagar tersebut, maka pelayanan kepada warga akan kembali optimal

" Bapak Kapolres memberikan apresiasi terhadap rencana pembukaan segel pintu pagar desa serta beliau mengharapkan semua pihak agar mengedepankan pendekatan komunikasi dan musyawarah dalam menyikapi permasalahan yang terjadi antara pemerintah desa dengan warganya," pungkas Aah. (R.Cking). 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pemdes Cihamerang Sukabumi Dianggap Tidak Terbuka Warga Segel Kantor Desa

Trending Now

Iklan