Panwaslu Kecamatan Cikidang Gelar Rakor Cegah Pelanggaran Pemilu di Tahapan Logistik

Redaksi
Senin, 04 Desember 2023 | 10:01 WIB Last Updated 2023-12-05T13:21:58Z
TERBIT.ID, Sukabumi - Langkah-langkah strategi yang dilakukan Panitia pengawas pemilihan umum Kecamatan Cikidang antisipasi indikasi rawanya pelanggaran di tahapan logistik. 

Hal tersebut disampaikan Irwan Ramdan selaku Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa di Kantor sekretariat Panwaslu Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (3/12/2023).

Irwan Ramdan mengatakan, 
Tahapan logistik merupakan tahapan yang rawan terjadinya Pelanggaran Pemilu, oleh sebab itu Panwaslu  bersama dengan jajaran sekretariat Pengawas Pemilu Kecamatan perlu melakukan langkah-langkah strategis untuk melakukan pencegahan, pengawasan dan penanganan pelanggaran pada tahapan logistik.

"Dasar hukum pengawasan logistik adalah Perbawaslu nomor 12 tahun 2023 tentang Pengawasan perencanaan, pengadaan dan pendistribusian perlengkapan penyelenggaraan pemilu serta Peraturan KPU nomor 14 tahun 2023 tentang Perlengkapan, dukungan dan dukungan perlengkapan Pemungutan Suara Pemilihan Umum," jelas Irwan. 

Dikatakan Irwan, Selain itu guna menyamakan pemahaman dalam hal tersebut Panwaslu kecamatan cikidang melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Penanganan Pelanggaran Tahapan Logistik Pada Pemilu Tahun 2024 dengan Tema Meningkatkan Pemahaman Penanganan Pelanggaran Tahapan Logistik Bagi Panwaslu Kecamatan cikidang dan Pengawas Kelurahan/Desa se kecamatan cikidang. 

"Kegiatan ini untuk memberikan pemahaman terhadap mekanisme pencegahan, pengawasan dan penanganan dugaan pelanggaran pada masa tahapan logistik pemilu tahun 2024," ujarnya. 

Irwan menambahkan, Kami berharap melalui kegiatan ini mendapatkan masukan dari para narasumber dan peserta rapat yang terdiri dari jajaran pengawas pemilu kecamatan dan Pengawas desa (PKD) untuk meningkatkan pemahaman dalam hal melakukan pengawasan pada tahapan logistik pemilu 2024," harapnya 

Lebih lanjut pihaknya mengharapkan, dari kegiatan ini dapat diperoleh sebuah pemahaman terhadap mekanisme pencegahan, pengawasan dan penanganan dugaan pelanggaran pada tahapan Logistik pemilu tahun 2024,"tandasnya.

Sementara itu Ketua Panwaslu kecamatan Cikidang Ujang Supriatman menambahkan, pada kesempatan tersebut menambahkan, bahwa informasi tahapan logistik yang sedang dan akan dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Sukabumi berupa mekanisme dan jumlah pengadaan logistik, serta pendistribusian logistik sesuai dengan regulasi yang berlaku.

" Adapun peserta dalam kegiatan diikuti oleh Jajaran Panwaslu Kecamatan dan Staf Sekretariat Panwaslu Kecamatan yang terdiri dari Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (P3S), Koordinator Hukum, Pencegahan , Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat ( HP2HM ) , staf divisi sumber daya manusia dan organisasi, staf divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (P3S) dan Pengawas kelurahan/desa ( PKD ) se kecamatan Cikidang yang terdiri dari 12 desa," pungkasnya. (R.Cking). 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Panwaslu Kecamatan Cikidang Gelar Rakor Cegah Pelanggaran Pemilu di Tahapan Logistik

Trending Now

Iklan