Dewi Asmara: Ada BPJS Ketenagakerjaan, Kita Tak Perlu Cemas

Redaksi
Jumat, 08 Desember 2023 | 14:19 WIB Last Updated 2023-12-08T07:27:22Z


Anggota Komisi IX  DPR RI Fraksi Golkar, Dewi Asmara bersama peserta sosialisasi program BPJS Ketenagakerjaan di Balai Latihan Kerja (BLK) komunitas workshop kejuruan teknik otomotif Kampung Cipanengah, Desa/Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (8/12/2023). 


TERBIT.ID, Sukabumi - Anggota Komisi IX  DPR RI Fraksi Golkar, Dewi Asmara melaksanakan sosialisasi program BPJS Ketenagakerjaan di Balai Latihan Kerja (BLK) komunitas workshop kejuruan teknik otomotif Kampung Cipanengah, Desa/Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (8/12/2023). 

Dewi mengatakan BPJS Ketenagakerjaan adalah salah satu mitra kerja Komisi IX DPR. Menurut dia, sosialisasi ini penting dilakukan agar masyarakat tahu mengenai BPJS Ketenagakerjaan. Itu karena yang selama ini dikenal oleh masyarakat hanya BPJS Kesehatan yang biasa mengcover ketika berobat atau dirawat karena sakit. 

Hanya saja BPJS kesehatan ini tak dapat menanggung apabila terjadi kecelakan kerja. Sebab untuk kecelakaan kerja menjadi bagian BPJS Ketenagakerjaan. 

"Maka untuk itulah ada BPJS Ketenagakerjaan supaya kita tidak perlu cemas kalau kecelakaan itu kita tertolong,” ujarnya.

Selain kecelakaan kerja, ada juga program jaminan kematian dari BPJS Ketenagakerjaan. Ketika peserta BPJS Ketenagakerjaan meninggal dunia maka  ahli warisnya mendapatkan santunan Rp 42 juta.

Menurut dia, di Desa Cidahu juga sudah ada yang menerima manfaat dari BPJS Ketenagakerjaan ini. Kemudian di daerah Kecamatan Ciracap, ada warga yang menjadi peserta baru 90 hari lalu meninggal dunia, maka ahli warisnya langsung menerima santunan.

Dia menuturkan, setiap pekerjaan pasti ada resikonya, misalnya petani saat mau ke sawah dipatok ular atau jatuh terpeleset. 

“Jadi itu tugasnya adalah bagaimana mensosialisasikan proteksi atas kecelakaan bagi mereka yang bekerja, agar bisa mengikuti program ini,” ujarnya.

Dewi menuturkan respons masyarakat cukup baik terhadap program BPJS Ketenagakerjaan. Apalagi masyarakat Cidahu ini menang lomba tingkat nasional untuk membuat video realisasi BPJS Ketenagakerjaan.

Dewi mengapresiasi peserta yang hadir dalam sosialisasi. Sebagai bentuk apresiasinya, dia akan membayar iuran BPJS selama tiga bulan para peserta kegiatan yang jumlahnya sekitar 200 orang.


Reporter  :  Cking
Redaktur :    Andri.S

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dewi Asmara: Ada BPJS Ketenagakerjaan, Kita Tak Perlu Cemas

Trending Now

Iklan