10 November Hari Pahlawan Momen Istimewa di Monumen Perjuangan Palagan Bojongkokosan Sukabumi

Redaksi
Jumat, 10 November 2023 | 13:20 WIB Last Updated 2023-11-10T06:53:52Z
TERBIT.ID, Sukabumi - Peringati Hari Pahlawan Forkopimda Sukabumi gelar upacara 10 November. Peringatan tersebut menjadi momen istimewa untuk mengenang sekaligus menghormati pengorbanan para pahlawan dalam mempertahankan bangsa.

Upacara 10 Nopember menjadi momentum bersejarah yang digelar di Museum Palagan Perjuangan 1945 Bojongkokosan, Desa Bojongkokosan, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat,(10/11/2023). 

Pantauan terbit.id, Hari Pahlawan dengan tema "Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa" dalam memerangi kemiskinan dan kebodohan, dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Sukabumi, Dandim 0607/Kota Sukabumi, Dandim 0622/Kabupaten Sukabumi, Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yuda Sukmagara,  Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede, Kepala Kejaksaan Negeri Sukabumi Siju, Forkopimcam Parungkuda dan seluruh OPD Kabupaten Sukabumi. 

Dalam acara tersebut juga di gelar santunan bagi para veteran serta penyerahan hadir kejuaraan Persenov yang gelar sejak 7-10 Nopember 2023.

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, mengatakan, pemilihan Bojongkokosan sebagai tempat Persenov memiliki nilai sejarah yang tidak bisa diabaikan. Meskipun bukan taman pahlawan, tempat ini, kata Marwan, harus menjadi catatan sejarah penting bagi Kabupaten Sukabumi dan Indonesia.

"Tentu, hari ini kita menggelar kegiatan di tempat ini untuk menghormati perjuangan pahlawan dari sini. Melihat perjuangan mereka di tempat ini menjadi langkah awal untuk meraih kemerdekaan," Jelas Marwan, kepada terbit.id, Jumat (10/11/2023).

Marwan menekankan pentingnya kegiatan Persenov sebagai edukasi sejarah bagi generasi muda, terutama anggota pramuka. Dalam konteks undang-undang nomor 12 tahun 2010, pramuka dianggap sebagai penerus generasi dan diharapkan dapat membentuk karakter yang kuat.

"Hari Pahlawan dan Persenov ini bukan sekadar perayaan, tapi juga pendidikan karakter bagi generasi penerus. Semangat hari pahlawan harus menjadi semangat bersama kita dalam membangun Indonesia dan Kabupaten Sukabumi," jelasnya.

Lebih lanjut Marwan, Pentingnya menjaga semangat perjuangan dengan mengingat pengorbanan luar biasa para pahlawan dalam merebut kemerdekaan. Iapun menekankan bahwa pembangunan harus dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat, dengan upaya menyeimbangkan disparitas antara yang kaya dan miskin.

"Dalam membangun, kita harus yakin bahwa semua lapisan masyarakat merasakan hasilnya. Ini bukan hanya masalah sama rasa dan sama rata, tapi juga tentang bagaimana negara dapat memberdayakan yang tidak mampu sesuai dengan amanah pahlawan," ungkapnya. 

Pihaknya menegaskan dukungan terhadap program Persenov sebagai langkah untuk memperkuat semangat persatuan dan kebangsaan generasi.

"Cara menguatkan program dengan Persenov. Jadi mereka harus paham, dan didokrin oleh Kapolres, Dandim dan Kajari persoalan semua tentang kebangsaan," Pungkasnya. 


Reporter.   : Us
Redaktur   : R.Cking 
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 10 November Hari Pahlawan Momen Istimewa di Monumen Perjuangan Palagan Bojongkokosan Sukabumi

Trending Now

Iklan