Sosialisasi Dorong Perekenomian dan Kemajuan Desa Melalui Kelompok Ternak di Surade Sukabumi

Redaksi
Sabtu, 21 Oktober 2023 | 12:28 WIB Last Updated 2023-10-21T05:40:00Z

TERBIT.ID I Sukabumi - Sebanyak 25 kelompok ternak serta tiga kepala desa ikuti sosialisasi pengembangan kelompok ternak oleh salah satu perusahaan swasta PT Esa Agrihulu Lestari di kantor Bimbingan dan Penyuluhan (Binluh) peternakan Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. 

Informasi dihimpun terbit.id, Antusias peserta sosialisasi pengembangan kelompok ternak bersama narasumber yang berkompeten, Nugraha Bagoes Soegesty, S.Pi, MM dan Bintang Mukhammad Burhanudin Akbar, SE. MM. Diikuti oleh tiga kepala desa dan 25 kelompok ternak berasal dari tiga desa di antaranya Desa Wanasari, Cidahu dan Desa Kademangan, Kecamatan Surade, selama Bulan Oktober 2023.

Salah satu narasumber, Bintang Mukhammad Burhanudin Akbar menyampaikan, Sosialisasi pengembangan kelompok ternak menjadi bagian penting yang berperan besar dalam mendorong perekonomian dan kemajuan desa. 

" Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran berkembang dan membangun kesejahteraan masyarakat pedesaan melalui pengembangan kelompok ternak yang berkelanjutan," Jelas Bintang, Sabtu,(21/10/2023). 

Bintang menambahkan,  Silaturahmi dengan para kelompok ternak sosialisasi membangun kelompok peternak, pembentukan kelompok ternak," Imbuhnya. 

Sementara itu, Nugraha Bagoes menjelaskan, dalam pelaksanaannya setiap kelompok ditanyakan motivasi dalam rangka mengidentifikasi dan menyamakan semangat untuk melakukan pengembangan. 

" Melalui inisiasi ini dapat menjadi solusi untuk pengembangan dan percepatan pengembangan desa melalui potensi yang telah ada," Ujar Nugraha. 

Lebih lanjut Nugraha, Kegiatan sosialisasi pengembangan kelompok ternak ini dapat menjadi  Langkah awal nyata dalam memajukan pertanian di pedesaan, mendorong inovasi, dan memastikan kelangsungan ekonomi yang berkelanjutan. 

" Kami berharap bahwa kegiatan ini akan menjadi titik awal yang menginspirasi lebih banyak inisiatif positif di seluruh negeri," Paparnya Nugraha. 

Saat bersamaan, diluncurkan juga program Edukasi Integrasi Tani Ternak
" Pada dasarnya Program Integrasi Tani Ternak ini merupakan tonggak penting dalam upaya kami untuk mencapai kemandirian ekonomi di Desa maupun Daerah berbasis keunggulan lokal.

" Kami percaya bahwa integrasi tani ternak akan membantu meningkatkan pendapatan dan kualitas hidup warga desa," kata Nugraha lagi," Pungkasnya Nugraha. 

Salah satu perwakilan dari aparat Desa mengatakan "Kami sebagai perwakilan desa sangat mendukung untuk adanya pembentukan kelompok ternak, namun hal ini perlu didukung dengan adanya kelanjutan yaitu dengan ditemukan industri yang sesuai dengan kapasitas SDA dan SDM desa,"Singkatnya.


Reporter.     : Us. 
Redaktur.     : R.Cking. 


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sosialisasi Dorong Perekenomian dan Kemajuan Desa Melalui Kelompok Ternak di Surade Sukabumi

Trending Now

Iklan