Lahan Balitri di Parungkuda Sukabumi Terbakar

Redaksi
Senin, 02 Oktober 2023 | 13:14 WIB Last Updated 2023-10-02T07:12:05Z

TERBIT.ID I Sukabumi - Kembali terjadi kebakaran lahan ilalang milik Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) di Kampung Pakuhaji RT 46/19 Desa Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Senin,(1/10/2023). 

Pantauan terbit.id, sekitar 500 meter lahan ilalang milik Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) berdekatan dengan pohon coklat dipadamkan oleh petugas gabungan dari unsur Damkar, P2BK Kecamatan Parungkuda, Relawan, TRC, Sat Pol PP Kecamatan, dua anggota Polsek Parungkuda melakukan pendinginan lolasi dan juga dimonitor oleh Camat Parungkuda beserta staf Kecamatan Parungkuda. 

Wadan Posko 4 Damkar Cibadak, Asep Romal mengatakan, Setelah mendapatkan laporan lahan kebakaran dari masyarakat  sekitar pukul. 10.30 WIB. 

" Kami menurunkan satu unit Damkar beserta 7 personil langsung menuju lokasi kebakaran di lahan Balitri,"Jelas Asep, kepada terbit.id, Senin,(1/10/2023). 

Karena pas datang api sudah tidak ada, namun tetap melaksanakan penyekatan lokalisir supaya tidak merambat ke lahan yang belum terbakar. Tidak ada tingkat kesulitan untuk penanganan, unit mencapai ke lokasi. 

" Kami tidak bosan bosan menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membakar lahan sembarangan, untuk cuaca panas seperti ini," Tandasnya. 

Sementara itu Camat Parungkuda Deden Sumpena menghimbau, karena memang hari ini, khususnya di Kecamatan Parungkuda cuacanya masih musim kemarau, sehingga hampir tiap hari terjadi kebakaran rumah ataupun lahan

" Saya menghimbau kepada seluruh warga masyarakat lebih hati hati terhadap lingkungan di sekitarnya, apalagi berkenaan dengan proses pembakaran untuk sementara jangan dulu,"Ujar Deden. 

Deden menambahkan, Karena hari ini juga, selain musim kemarau dan juga tiupan angin cukup kencang, sehingga dikhawatirkan dapat menimbulkan kebakaran yang lebih luas,"imbuhnya.


Reporter.    : Us. 
Redaktur.    : R.Cking.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Lahan Balitri di Parungkuda Sukabumi Terbakar

Trending Now

Iklan