Hari Sumpah Pemuda, Camat Parungkuda Sukabumi Ajak Pemuda Bersihkan Sampah di Sungai Cicatih

Redaksi
Sabtu, 28 Oktober 2023 | 12:12 WIB Last Updated 2023-10-31T19:13:15Z
TERBIT.ID I Sukabumi - Hari Sumpah Pemuda, Camat Parungkuda Deden Sempena ajak pemuda cintai lingkungan melalui bersih sampah sepanjang 5 kilometer dan tanam benih ikan di aliran sungai Cicatih, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu,(18/10/2023). 

Pantauan terbit.id, mengawali bersih sampah di sungai Cicatih, Camat Parungkuda Deden Sempena didampingi Sekretaris Camat Ikhsan Muchlisin Sani bersama dengan perwakilan dari Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi, Satpol PP Kecamatan Parungkuda dan juga para pemuda yang tergabung dalam berbagai unsur organisasi kepemudaan, diantaranya KNPI, Karang Taruna, Relawan, Pramuka Peduli, LMP serta unsur lainnya, melepaskan belasan ribu bibit ikan nilem dan langsung melakukan penyisiran sampah di bantaran aliran sungai Cicatih Parungkuda. 

Camat Parungkuda Deden Sumpena mengatakan, ini adalah kegiatan sumpah pemuda yang dilaksanakan di tingkat kecamatan parungkuda, dan hari ini teman-teman dari KNPI beserta seluruh jajaran organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP) melaksanakan kegiatan pembersihan sampah seputaran sungai cicatih, sepanjang 5 kilometer. 

" Mudah-mudahan bermanfaat bagi semua, dan yang terpenting ada penanaman bibit ikan nilem sebanyak 15 ribu," Jelas Deden kepada terbit.id, Sabtu,(28/10/2023). 

Pihaknya juga menyampaikan, Terima kasih juga kepada Dinas Perikanan dan Kelautan, yang sudah memberikan benih ikan nilem, mudah-mudahan kegiatan ini bisa ditindaklanjuti secara serentak, oleh teman-teman pemuda pemerintah Desa. 

" Insyallah berkelanjutan, karena proses sampah yang hari ini luar biasa, sehingga tidak bisa ditanggulangi oleh pemerintah saja, tetapi harus melibatkan seluruh stakeholder," Ujarnya. 

Lebih lanjut Deden, Mudah-mudahan mengawali kegiatan hari ini di sungai ini dalam rangka hari sumpah pemuda menjadi pembuka untuk masyarakat ke depan, untuk bersama sama bagaimana membuang sampah yang baik, dan tentunya, pemerintah juga harus menyiapkan pengelolaan sampahnya. 

" Kita berharap melalui gerakan ini membantu menyadarkan semua pihak, diawali teman-teman kita dari pemuda, sehingga masyarakat tidak membuang sampah ke sungai, karena kalau kita membuang sampah ke sungai, berarti kita memberikan kontribusi sampah di hilir nanti, yang kemarin sempat viral dan menumpuk di muara," Ungkapnya. 

Deden menambahkan, Kita akan melakukan sosialisas, kita akan gerakan ke depan, supaya tidak membuang sampah ke sungai," Imbuhnya. 


Reporter.    : Us. 
Redaktur.    : R.Cking.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Hari Sumpah Pemuda, Camat Parungkuda Sukabumi Ajak Pemuda Bersihkan Sampah di Sungai Cicatih

Trending Now

Iklan