9 Tahun Perjalanan SMAN Cidahu Sukabumi Terus Tingkatkan Mutu Pendidikan

Redaksi
Kamis, 05 Oktober 2023 | 09:39 WIB Last Updated 2023-10-05T02:41:30Z

TERBIT.ID I Sukabumi - Melalui akreditasi SMAN Cidahu terus berupaya untuk  meningkatkan seluruh aspek dan memastikan bahwa programnya memiliki kualitas yang memadai sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dan sebagai wujud memberikan pelayanan pembelajaran yang bermutu terhadap siswa-siswinya. 

Informasi dihimpun terbit.id, Rabu, (4/10/2023), diusia sembilan tahun sudah perjalanan SMAN Cidahu sejak beridiri pada tahun 2014. Penyesuaian demi penyesuaian baik sarana dan prasarana serta status sekolah terus dilakukan oleh penyelenggara lembaga pendidikan formal ini. Berkaitan hal tersebut SMAN Cidahu mempersiapkan segala aspek sebagai upaya meningkatkan Akreditasi lembaganya dari nilai B mengejar nilai akreditasi A. 

Kepala Sekolah SMAN Cidahu Isda Sugara S. Pd. M.Pd mengatakan, Sembilan tahun sudah keberadaan SMAN Cidahu sejak berdiri pada tahun 2014.

" Iya saat ini SMAN Cidahu, akreditasi pada tahun 2018 adalah pada posisi nilai B, dan mudah-mudahan akreditasi tahun ini 2023 ada peningkatan sehingga terwujud pelayanan kami terhadap siswa-siswi semakin meningkat," Jelas Isda kepada terbit.id. Rabu,(4/10/2023). 

Lebih lanjut Isda, pihaknya anggap ini menjadi motivasi bagi seluruh komponen di Sekolah untuk meningkatkan kinerja sehingga peningkatan mutunya senantiasa selalu terjaga. 

" Saya kira akreditasi ini bagaimana sekolah dipotret secara umum tentu ada evaluasi juga dan kalo meningkat tentu meningkatnya dimana serta kalo ada kekurangan tentu ini akan menjadi evaluasi bersama untuk ditingkatkan lagi," Terangnya. 

Dikatakan Isda, semua aspek dan komponen mulai dari empat cakupan mulai dari mutu, sarana dan prasarana serta lainnya itu akan tergambar secara menyeluruh dan sudah sejauh mana sih SMAN Cidahu sampai saat ini memberikan layanan terhadap siswa-siswi. 

Akreditasi dilakukan per setiap lima tahun sekali ini sebagai wujud monitoring dari lembaga yang sangat kredibel untuk memantau layanan pembelajaran sekaligus kualitas sekolah  pertanggungjawaban terhadap masyarakat. 

Diakuinya, Untuk saat ini SMAN Cidahu memiliki 32 Rombongan Belajar (Rombel) dan memiliki jumlah  1.100 siswa, serta 51 Guru tenaga pendidikan. 

" kalo dari sarana dan prasarana karena kami ini sekolah baru kami miliki tantangan tugas sekaligus harapan bagaimana sarana dan prasarana ini bisa kami lengkapi secepatnya, karena memang terus terang saja masih banyak sarana dan prasarana yang harus kami penuhi," Ungkapnya. 

Karena jumlah siswa yang terus melonjak pesat yaitu kekurangan ruang kelas belajar dan untuk tetap menjalankan kegiatan belajar ada ruangan lab yang digunakan untuk ruang belajar siswa. 

Sangat mengharapkan bantuan dari Pemerintah Provinsi saat ini sangat membutuhkan ruang kelas untuk kenyamanan belajar siswa dan juga keamanan lingkungan yaitu   pemagaran sekolah. 

" Harapannya kami ditengah keterbatasan tetap bisa memberikan pelayanan pembelajaran yang bermutu pada siswa-siswi dan masyarakat secara umum dan Mudah-mudahan dalam waktu dekat ada pihak-pihak yang bisa kerja sama untuk memenuhi kekurangan sarana dan prasarana di kami," Tandasnya. 

Sementara terbit.id berhasil menemui Asesor Dede muhamad Riva menyampaikan, Terkait Visit Akreditasi hari ini adalah Visitasi ini dalam rangka mengumpulkan data- data sekolah.

" jadi nanti ada kegiatan anis dokumen, observasi, pembelajaran, wawancara serta angket, nah, hal itu untuk mengkonfirmasi terkait usulan nilai Akreditasi sekolah yang sudah di kirimkan melalui sispena," Ujar Dede. 

Lanjutnya Dede, ada aplikasi sispena melalui dari Bank, bahwa sebelumnya sekolah itu sudah mengisi dan mengupload dokumen- dokumen kemudian mengajukan penilaian diri jadi aksesori itu tugasnya hanya mengkonfirmasi betul dan tidaknya data-data tersebut dan selanjutnya untuk melaporkannya ke Bank. 

" Ada 4 komponen indikator untuk meningkatkan Akreditasi yaitu, bagaimana management nya, kompetensi mutu gurunya, proses pembelajarannya serta mutu siswa itu semua terangkum dalam 35 butir ISP 2020 itu yang kami gali," Ujarnya. 

Dia katakan Dede, Untuk SMAN 1 Cidahu sendiri Akreditasinya yaitu Akreditasi B dan itu bisa dilihat dari hasil IPMnya serta pemenuhan mutlaknya sudah terpenuhi juga IPR nya. 

"karena dari sarana juga IPR nya harus di Cek sebab dari data ajuan sekolah itu harus ada peningkatan dan dari butir kinerjanya juga harus kita gali yang nantinya  akan di buatkan laporannya," Tuturnya. 

Harapannya dengan akreditasi ini bisa 
Memotivasi sekolah untuk berkembang selain itu untuk capaian Akreditasi melaku visitasi ini sekolah akan termotivasi untuk terus berkembang dan sekolah bisa menujukan tingkat pelayanan kepada masyarakat sehingga calon siswanya dapat mendaftarkan diri. 

" Alhamdulillah selama ini sekolah terus meningkat dan selama ini bisa memberikan pelayanan terbaik buat masyarakat," Pungkasnya. 


Reporter.     : Us. 
Redaktur.    : R. Cking. 









Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 9 Tahun Perjalanan SMAN Cidahu Sukabumi Terus Tingkatkan Mutu Pendidikan

Trending Now

Iklan