lr Good Mundur Gunawan, 3 September Jembatan Cicewol Cidahu Sukabumi Siap di Resmikan

Redaksi
Jumat, 01 September 2023 | 11:23 WIB Last Updated 2023-09-01T04:37:09Z

TERBIT.ID I Sukabumi - Persiapan demi persiapan diantaranya pekerjaan finisinh jembatan Cicewol akses penghubung tiga Kecamatan yakni Kecamatan Cicurug, Cidahu dan Kecamatan Parakan salak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, akan diresmikan dan siap digunakan, Kamis, (31/8/2023) 

Informasi dihimpun terbit.id, Progres  pembangunan jembatan Cicewol pelaksana oleh CV Batu Alam Mandiri(BAM) 6 bulan namun perjalanan pelaksanaannya hanya 4 bulan sudah selesai. Bahkan akan diresmikan oleh Bupati Sukabumi Marwan Hamami pada hari Minggu tanggal, 3 September 2023.

" Betul kita mempersiapkan sudah 1 bulan terutama masalah struktur, kalau masalah pembukaan masalah non teknis, tapi yang utama adalah ketika jembatan ini sudah layak atau tidak," Jelas Direktur Utama CV Batu Alam Mandiri (BAM) Good Mundur Gunawan, kepada terbit.id, Kamis,(31/8/2023). 

Lebih lanjut Good, dan itu melalui mekanisme uji kelayakan yang dilakukan oleh PU dan konsultan, kemarin uji tekan 2 minggu yang lalu, dari struktur girder dan sudah mencukupi, karena sudah melebihi 28 hari.

Jumat, 1 September 2023 ada pengecekan yang kedua kali dari yang kemarin, sepertinya kalau kemarin uji tekannya sudah cukup, kemungkinan besar, besok juga sudah cukup. 

" Dasar dari tanggal 03 September dibuka itu, adalah dari hasil uji tekan sebelumnya, kalau jumat itu hanya memastikan saja," Ungkapnya Ugood sapaan akbrab Good Mundur Gunawan. 

Ugood menegaskan, Kalau sudah diresmikan itu sudah pasti dibuka untuk roda empat, tapi untuk roda empat yang kapasitasnya dibawah 3 ton. Yang untuk diatas 3 ton itu, informasi melalui konsultan itu akan dibukan tanggal 10 September.

" Karena ada jeda 7 hari itu untuk menganalisa struktur setelah dilewati oleh muatan kecil. Ada perubahan struktur atau tidak, memang SOP nya seperti itu," Terangnya. 

Mudah mudahan setelah 3 ton lewat itu, selama 7 hari mobil kecil lewat tidak ada apa apa

" Kalau tantangan banyak, tapi alhamdulillah karena cuaca mendukung, masyarakat mendukung juga jadi dalam perjalanan pembangunan ini alhamdulillah kita tidak ada kendala yang signifikan," Pungkasnya Ugood. 

Sementara itu Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Sukabumi Wawan Godawan mengatakan, hari ini melihat dan mengecek saat ini kondisi jembatan cicewol, progresnya seperti apa 

" Alhamdulillaj, kalau dari sisi struktur semuanya sudah terpenuhi, tinggal barangkali kita melihat dari sisi kekeringan jembatan ini," Jelas Wawan. 

Pihaknya juga akan memastikan melalui uji coba lagi satu kali dan uji tekan lagi satu kali, yang insyallah akan dilaksanakan pada hari ini Jumat (01/09/2023). Sesuai dengan jadwal satu hari untuk usia 21 hari. 

" Kita bukan dinas teknis, artinya hari ini memang sebetulnya kita memiliki kesempatan untuk mendapatkan bantuan dari BNPB, karena lokasi jembatan yang dibangun itu adalah rusak akibat dari bencana alam," Ujar Wawan. 

Wawan menambahkan, Kita coba komunikasikan dengan BNPB, alhamdulillah direspon dan kita mendapatkan bantuan hibah, tentu karena kita bukan dinas teknis kita memerlukan kolaborasi dengan dinas teknis," Imbuhnya. 

Dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum, baik dari sisi pengawasan teknis, kemudian juga untuk Detail Engineering Design (DED)dan sebagainya, ini sudah berjalan, kalau tidak berjalan barangkali tidak bisa sampai seperti itu. 

" Alhamdulillah kolaborasi yang dilakukan antara kita dengan dinas teknis sudah bisa berjalan optimal," Paparnya. 

Wawan menambahkan, Memang dari awal berdinamika namanya ke masyarakat juga bermacam macam, alhamdulillah respon masyarakat luar biasa, kerja sama dengan masyarakat pengguna jalan juga kondusif, artinya mereka memahami dengan kondisi ketika terjadi penutupan akses jalan mereka memilih jalur alternatif tidak ada hal hal yang sekiranya mengganggu proses pembangunan jalan ini. (Rawin Cking). 


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • lr Good Mundur Gunawan, 3 September Jembatan Cicewol Cidahu Sukabumi Siap di Resmikan

Trending Now

Iklan