Prestasi SMAl Al-Azhar 21 Kota Sukabumi Ciptakan SDM Unggul

Redaksi
Selasa, 19 September 2023 | 06:53 WIB Last Updated 2023-09-19T04:43:47Z

TERBIT.ID I Sukabumi - Kehadiran lembaga pendidikan SMA Islam Al Azhar 21 Kota Sukabumi, masih tergolong baru berdiri tepatnya di Jalan Subangjaya, RT.03/04, Kelurahan Subangjaya, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat, ternyata banyak torehan prestasi yang sudah diraih oleh siswa-siswinya. 

Setelah di SK-kan oleh Al-Azhar Jakarta, pada 25 November 2017, SMA Islam Al Azhar 21 Kota Sukabumi, sudah membuktikan kontribusinya untuk membangun sumber daya manusia (SDM) yang unggul secara aqidah maupun secara ilmiah (Sains). 

Kepada terbit.id Kepala Sekolah SMA Islam Al Azhar 21 Kota Sukabumi Muhammad Lukmanul Hakim mengatakan, ini merupakan Cabang dari Jakarta, bahwa SMA Al-Azhar karena belum lama berdiri dan sebenarnya yayasan ini sudah dari awal mau membangun SMA karena tidak semudah apa yang kita bayangkan perlu berbagai pertimbangan dan lain sebagainya. 

"Iya, kalau untuk TK, SD, SMP sudah lama, nah SMA ini baru beberapa tahun berdiri yaitu tanggal 25 November 2017 dan di SK-kan oleh Al-Azhar Jakarta," Jelas Lukman kepada terbit.id Senin (18/09/2023). 

Lanjutnya, bahwa sudah ada 4 angkatan yang telah lulus di SMA Islam Al- Azhar Islam 21 Kota Sukabumi ini dan sekarang sudah tahun ketujuh. Sementara tenaga pengajar ada 20 dan statusnya ada 2 macam ada status guru tetap yayasan dan status honor dan untuk jumlah siswa berjumlah 69 dari 6 rumbel IPA dan IPS. 

Diakuinya, bahwa dirinya adalah seorang guru di SMP Al-Azhar, setelah SMA Islam Al- Azhar  21 berdiri kemudian ia pindah ke SMA dengan alasan ingin wawasan dan lain sebagainya.

"Untuk kelas X menggunakan kurikulum merdeka dan kelas XI dan XII memakai kurikulum 2013," ungkapnya. 

Menurutnya, mudah-mudahan ini akan menjadi sebuah promosi juga, memang disini banyak yang belum tahu SMA Islam Al-Azhar 21 Kota Sukabumi ini, karena lokasinya agak ke dalam dan tidak dilalui kendaraan umum sehingga banyak yang belum mengetahui.

"Kita menginginkan minimal per kelas itu ada 25 siswa dengan program unggulan yaitu Tahfiz itu dilaksanakan setiap hari Selasa dan Jum'at diuji dengan target selama 3 tahun 2 Juzz tapi ada yang lebih bahkan kemarin ada 5 sampai 7 Juzz," Ungkapnya. 

Lebih lanjut Lukman, menjelaskan kalau prestasi alhamdulillah, kalau ada perlombaan antar Al-Azhar tiap bulan Januari ada Olimpiade Sains dan nanti ada lagi Festival Uji Kompetensi di Semarang. 

"Untuk olahraga kita belum seperti yang lain, ekstrakurikuler di kita belum banyak karena terkendala dengan jumlah siswanya," kata dia

Hanya masyarakat sekarang karena sekolah tidak bayar jadi berasumsi kalau di Swasta bayar mending ke Negeri saja, sehingga tadinya orang beranggapan mungkin mahal. 

"Kalau di Jakarta mungkin sudah biasa mungkin kelas menengah ke atas sedangkan disini bisa menyesuaikan dengan ekonomi masyarakat untuk biaya SPP sebesar Rp.635.000 perbulan," Paparnya. 

Fasilitas yang ada yaitu 12 kelas, lantai atas 2 ruangan untuk siswa, laboratorium, dan lain sebagainya. Harapannya kedepannya bisa lebih baik dari sebelumnya, pihaknya akan terus memberikan motivasi untuk bersama-sama ketika mengembangkan potensi sekolah. 

"Alhamdulillah guru-guru disini sangat solid, SMA Islam Al-Azhar Kota Sukabumi mengutamakan berilmu dan beradab. Nanti di olimpiade Nasional siswa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri, pesan bagi para siswa mohon lebih meningkatkan potensi belajar dan jangan menggantungkan kemampuan pribadi kita punya Allah dan Allah yang menggerakkan segalanya," Pungkasnya.




Reporter : Us
Redaktur : R Cking
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Prestasi SMAl Al-Azhar 21 Kota Sukabumi Ciptakan SDM Unggul

Trending Now

Iklan