Lahan PT SCI Parungkuda Sukabumi Terbakar, Bos Tommy Himbau Warga Jangan Bakar Sembarangan

Redaksi
Selasa, 12 September 2023 | 14:26 WIB Last Updated 2023-09-12T07:28:13Z

TERBIT.ID I Sukabumi - Kembali kebakaran lahan diakibatkan pembakaran sampah terjadi di lahan milik PT Star Comgistic Indonesia (SCI) di Kampung Pakuhaji RT 29/24, Desa Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Selasa,(12/9/2023). 

Pantauan terbit.id, Owner PT Star Comgistic Indonesia Tommy Zhang, langsung memantau ke lokasi bersama Danramil 0712/Parungkuda, Kapt Inf Feri Yanto Permana didampingi belasan anggota Koramil, Camat Parungkuda Deden Sumpena, Sekmat  Ikhsan Muchlissani. 

Setidaknya dua unit Damkar Pos Cibadak diturunkan ke lokasi untuk memadamkan kobaran api yang membakar lahan milik PT Star Comgistic Indonesia. 

Owner PT Star Comgistic Indonesia Tommy Zhang mengakui, bahwa yang terbakar itu lahan miliknya, oleh karena itu berharap agar masyarakat jangan membakar  sembarangan.

" Diketahui kebakaran sekira pukul 10.00 WIB, mungkin lagi ada yang membersihkan lahan atau berkebun mungkin, jadi apinya merembet kemana mana dan sampai di lahan kami," Jelas Tommy. 

Tommy menambahkan, Pertama kita berdayakan hydrant dan alat berat yang ada, kita melakukan pembuatan parit parit agar api tidak merembet terlalu jauh," Imbuhnya Tommy. 

Pihaknya juga menghimbau dan berharap, kondisi kemarau seperti ini diharapkan bagi warga untuk tidak melakukan pembakaran sekecil apapun, karena risiko kebakaran di lahan yang kering akibat kemarau sangat berisiko," Tandasnya Tommy. 

Camat Parungkuda Deden Sumpena, membenarkan, Lahan kosong milik PT Star Comgistic Indonesia terbakar, setidaknya dua unit yang dikirimkan damkar Cibadak ke Parungkuda. 

" Alhamdulillah api sudah bisa dikendalikan, tinggal proses pendinginan," Ujar Deden. 

Lebih lanjut Deden, ketika tidak diantisipasi akan berdampak pada bangunan bangunan atau rumah rumah yang ada di sekitar, karena angin cukup kencang

Koordinasi cukup baik hari ini, memang damkar bekerja terus menerus, karena hampir di setiap kecamatan terjadi kebakaran, sehingga dampaknya sangat baik, informasi lebih dan cepat direspon ketika masyarakat melakukan pelaporan. 

Pihaknya juga menghimbau ke masyarakat lebih berhati hati, karena memang musim kemarau ini cukup panjang, sehingga awalnya hanya bakaran kecil atau puntung rokok saja hari ini, itu bisa menimbulkan kebakaran 

" Apalagi angin cukup kencang, sehingga saya berharap agar masyarakat lebih waspada atau hati hati dalam pembakaran sampah dan lainnya yang menimbulkan kebakaran,"Pungkasnya.  (Rawin Cking) 


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Lahan PT SCI Parungkuda Sukabumi Terbakar, Bos Tommy Himbau Warga Jangan Bakar Sembarangan

Trending Now

Iklan