Mahasiswa UMMI Sulap Daun Kelor Jadi Minuman Herbal Berkhasiat

Redaksi
Kamis, 24 Agustus 2023 | 07:36 WIB Last Updated 2023-08-24T00:39:05Z

TERBIT.ID I Sukabumi - Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) sulap daun kelor menjadi minuman herbal yang nikmat dan banyak khasiatnya. 

Hal tersebut setelah melalui risetnya saat Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Cikurutug, Kecamatan Cireunghas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, 

Ketua kelompok KKN UMMI Hadi Rachmat Supindar mengatakan, Tak ada daun teh, daun kelorpun jadi. Daun kelor selama ini diyakini berkhasiat sebagai herbal untuk berbagai macam penyakit, bahkan mitosnya dalam sisi spiritual daun yang satu ini kerap digunakan untuk prosesi pengusiran jin dan makhluk halus pengganggu.

"Selama ini daun kelor memang dikenal di sebagian masyarakat yang mempercayainya bisa digunakan untuk pengusiran makhluk halus dan sebagainya yang berhubungan dengan sisi magis, namun kami melihat potensi lain yang logis yakni memanfaatkan daun itu sebagai pengganti teh yang berkemampuan sebagai herbal," Jelas Hadi, Rabu (23/8/2023).

Hadi mengungkap, penggunaan daun kelor tersebut merupakan inovasi kelompok KKN-T UMMI yang melakukan riset  di Desa Cikurutug, Kecamatan Cireunghas, Kabupaten Sukabumi. Para mahasiswa ini melihat banyak daun kelor di perkampungan namun hanya sebatas semak-semak tanpa bisa dimanfaatkan.

"Kami memperkenalkan Ke-Tea (kelor tea) dan Just Keding (kelor pudding) , produk-produk inovatif yang dihasilkan dari bahan dasar daun kelor lokal yang kami dapati di desa tersebut.  Memanfaatkan potensi luar biasa dari daun kelor, Ke-Tea dan Just Keding adalah hasil dari upaya kolaboratif yang melibatkan anggota kelompok kami dan masyarakat Desa Cikurutug," ungkapnya.

Hadi merinci, Ke-Tea adalah minuman teh yang berasal dari ekstrak daun kelor, yang dikemas dengan rapi dalam bentuk teh celup siap seduh. Teh ini mengandung berbagai zat gizi penting seperti vitamin, mineral, dan antioksidan, yang dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan. 

"Dengan produk ini, masyarakat Desa Cikurutug dapat menikmati nikmatnya teh sambil mendapatkan manfaat gizi yang berlimpah. Sementara itu, Just Keding adalah produk puding inovatif yang juga mengandung ekstrak daun kelor. Puding ini tidak hanya lezat, tetapi juga memberikan kontribusi positif terhadap asupan nutrisi sehari-hari," jelas Hadi.

Tidak hanya lezat, puding daung kelor juga diharapkan Hadi bisa dinikmati oleh semua usia, selain membuka peluang usaha baru bagi masyarakat setempat nantinya.

"Warga bisa menikmati camilan sehat sekaligus mendukung daya ungkit kesejahteraan mereka melalui hasil produk kelor nantinya. Saat peluncuran produk ini beberapa waktu lalu, kami juga menyuarakan kampanye edukatif yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang kesehatan pada anak usia dini juga manfaat gizi dari daun kelor  serta cara penggunaan produk ini," Tandasnya. 


Reporter.     :CR 1.
Redaktur.    : R.Cking.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa UMMI Sulap Daun Kelor Jadi Minuman Herbal Berkhasiat

Trending Now

Iklan