Jokowi Resmikan Tol Bocimi Seksi 2 Cigombong-Cibadak di Parungkuda Sukabumi

Redaksi
Jumat, 04 Agustus 2023 | 13:20 WIB Last Updated 2023-08-04T06:21:30Z


TERBIT.ID I Sukabumi - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmikan Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi 2 Cigombong-Cibadak, di pintu Tol Parungkuda, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Jumat (4/8/2023). 


Pantauan terbit.id, Hadir dalam peresmian, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Akhmad Wiyagus, Danrem 061/SK Brigjen TNI Anan Nurakhman, Wakil Bupati Sukabumi Iyos Sumantri, Kapolres Sukabumi AKBP Marilyn Pardede, Dandim 0607/Kota Sukabumi Letkol Inf Yudi Haryanto, dan tokoh lainnya termasuk Bupati Sukabumi, Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. 

Joko Widodo mengatakan pembangunan Tol Bocimi Seksi 2 menghabiskan anggaran Rp 3,2 triliun. Dengan diresmikannya seksi ini, Jokowi menyebut akses dari Jakarta menuju tempat-tempat wisata di Sukabumi seperti Palabuhanratu, Ciletuh, dan Ujung Genteng, dapat ditempuh lebih singkat. 

"Hari ini jalan tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 kilometer sudah selesai dan siap dioperasikan. Ruas ini menelan anggaran biaya Rp 3,2 triliun," Jelas Jokowi, kepada awak media, Jumat,(4/8/2023). 

Jokowi berharap, nantinya dengan selesainya ruas jalan ini, nanti kalau kita ke Palabuhanratu, ke Ciletuh, ke Ujunggenteng, ke Gunung Gede, yang sebelumnya dari Jakarta kalau ke Sukabumi memakan waktu sampai 5 jam kadang bisa sampai 6 jam. 

" sekarang dengan adanya jalan tol ini hanya kurang lebih 2,5 jam. Ini akan mempercepat mobilitas orang, mempercepat mobilitas barang, dan juga yang berkaitan dengan investasi," Ungkapnya. 

Karena dari survei para investor yang ada, kenapa Jawa Barat menduduki rangking pertama investasi, alasannya, yang pertama karena jalan tol yang ada di Provinsi Jawa Barat itu paling banyak dibangun. 

"Mengucap bismillahirrahmaanirrahiim, pagi hari ini saya resmikan jalan Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak di Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat," Ucap Jokowi.

Sebelumnya, Humas PT Waskita Karya Tbk Edi Abas mengatakan setelah peresmian, Tol Bocimi Seksi 2 akan dibuka secara fungsional selama beberapa hari atau pekan, sebelum kemudian beroperasi secara umum. Edi tak menjelaskan lebih rinci soal skema dan aturan yang akan diterapkan selama fungsional, lantaran kewenanangan PT Trans Jabar Tol. Sejumlah fasilitas di Tol Bocimi Seksi 2 seperti gerbang tol di Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, penerangan jalan umum, dan marka jalan, sudah selesai dikerjakan.

PT Trans Jabar Tol selaku anak perusahaan PT Waskita Toll Road sebelumnya juga sudah mengabarkan lewat Instagram mereka bahwa Tol Bocimi Seksi 2 Cigombong-Cibadak yang memiliki panjang 11,9 kilometer telah menjalani Uji Laik Fungsi (ULF) dan Uji Layak Operasi (ULO) pada 3-4 Juli 2023 sebelum dilakukan secara penuh. 

ULF dan ULO yang dilakukan di Tol Bocimi Seksi 2 meliputi uji spesifikasi terhadap teknis persyaratan dan perlengkapan jalan serta aspek keselamatan guna memenuhi standar yang telah ditetapkan untuk menunjang keamanan, keselamatan, dan kenyamanan pengguna jalan.

Tol Bocimi sendiri memiliki panjang 54 kilometer. Rinciannya, Seksi 1 Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 kilometer, beroperasi Desember 2018. Seksi 2 Cigombong-Cibadak ,11,9 kilometer, Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat, 13,7 kilometer, Seksi 4 Sukabumi Barat-Sukabumi Timur sepanjang 13,05 kilometer. (R.Cking). 
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jokowi Resmikan Tol Bocimi Seksi 2 Cigombong-Cibadak di Parungkuda Sukabumi

Trending Now

Iklan