Syukuran HUT Ke 61 Yon Armed 13/Nanggala Kostrad Cikembar Sukabumi Gelar Baksos

Redaksi
Jumat, 07 Juli 2023 | 18:47 WIB Last Updated 2023-07-07T11:49:19Z


TERBIT.ID I Sukabumi - Dalam Acara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 61, Yon Armed 13/Nanggala Kostrad, menggelar syukuran bertempat di Batalyon Armed 13, Desa Sukamulya, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (07/07/2023). 


Informasi dihimpun terbit.id, Kegiatan syukuran tersebut diisi juga dengan berbagai kegiatan,diantaranya bhakti sosial dan karya bhakti serta perlombaan gerak jalan, lomba antar baterai oraum dan oramil serta lomba persit.


Komandan Batalyon Artileri Medan (Danyon Armed) 13/Nanggala, Letkol Arm Dwi Sutaryo mengatakan, di usia ke 61 Yon Armed 13 ini, tepatnya pada 7 Juli 2023 diharapkan bisa terus melaksanakan tugas dengan baik kepada negara dan bangsa. 

 
"Harapan ke depannya semoga kita bisa semakin solid dan profesional dan tentunya mampu terus berkarya untuk masyarakat, terutama masyarakat Sukabumi dan sekitarnya,"ujarnya kepada terbit.id.

Lanjutnya, dalam Kegiatan HUT ke 61 ini dihadiri juga oleh Wakapolres Sukabumi dan jajaranya Ia menilai bahwa sinergitas TNI dengan Polri sangatlah  penting. Karena, menurutnya sinergitas batalyon yang tengah dipimpinnya itu, bukan siapa-siapa dan bukan apa-apa, tanpa ada kerjasama yang baik. 


"Terus berkolaborasi dengan pemerintah daerah dengan kepolisian dan intansi yang lain. Jadi, intinya apa yang menjadi kebijakan dari pimpinan di daerah maupun pusat, kita siap dukung demi tercapainya tugas pokok kami,"ungkapnya.


Masih kata Dwi, bahwa Ia juga mengaku merasa sangat berkesan selama bertugas di Sukabumi. Terlebih lagi, Forkopimda di Sukabumi terlihat sangat rukun dan kompak. Seperti halnya, Bupati Sukabumi selaku pimpinan tertua di Forkopimda, selalu merangkul dari semua unsur. 


"Nah, Begitupun dengan masyarakat, kita Armed ini ibarat ikan dan masyarakat sebagai airnya. Tanpa ada mereka kita pasti akan mati, tanpa ada dukungan mereka atau masyarakat, tentu kita tidak bisa melaksanakan tugas dengan baik,"jelasnya.


Pada HUT ke 61 tahun ini, Batalyon Armed 13 mengacu pada ulang tahun resimen yang cukup sederhana. Apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, seluruh Forkopimda dan elemen masyarakat pada datang ke Batalyon Armed 13 dengan menggelar berbagai ragam kegiatan sosial. Namun untuk HUT tahun ini, cukup diselenggarakan secara sederhana. 


"Iya, seperti ada karya bhakti dengan masyarakat sekitar dan ini puncaknya. Itu pun hanya internal kita saja. Kemarin dari rekan-rekan menjalin silaturahmi dengan tokoh masyarakat sekitar. Nah, itu bukan acara formal. Makanya kita tidak mengundang intansi yang resmi,"ungkapnya.


Sementara itu, perihal adanya beberapa anggota Yon Armed 13 yang menjadi juara pekan olahraga pada kegiatan HUT Jadi tahun ini, ia menilai karena TNI ini tidak terlepas dari kegiatan fisik. Untuk itu, mayoritas lomba yang diselenggarakan pun lomba fisik. 


"Ini tentunya untuk mendukung profesional sebagai prajurit. Karena, semuanya baik pertempuran dan apapun basic-nya pasti fisik terlebih dahulu," ujarnya.


Ketika disinggung mengenai visi dan misi Yon Armed 13 kedepan dalam menghadami tantangan zaman. Ia menjawab, bahwa dirinya mengaku sudah mempunyai visi dan misi. Yakni menjadikan Yon Armed 13 ini, sebagai batalyon yang profesional, adaptif dalam arti mengerti terhadap perkembangan teknologi kedepannya yang semakin canggih.


"Iya, senjata meriam sebagai salah satu senjata kita terus berkembang. Seperti contohnya, perang Rusia dan Ukraina yang bermain siapa disana. Nah, kita akan adaptif terhadap perkembangan teknologi canggih yang ada," katanya.


Selain itu, visi dan misi lainnya berkarakter. Karena, prajurit tanpa karakter menurutnya seperti mesin perang tanpa kendali. Untuk itu, ia menekankan kepada seluruh prajuritnya, karakter yang utama. Setelah itu, yang terakhir adalah disiplin Jadi ke empat hal tersebut mudah-mudahan dapat menjadi pondasi untuk seluruh prajurit dapat berkarya dengan baik. 


Sementara itu,Wakapolres Sukabumi Kompol Septa Firmansyah mengatakan, ia sengaja mendatangi Batalyon Armed 13/ Nanggala ini, untuk mewakili Kapolres Sukabumi. 


"Kami dari Polres Sukabumi mewakili Pak Kapolres Sukabumi, mengucapkan Dirgahayu ke 61 untuk Yon Armed 13/Nanggala," jelasnya.


Ia menambahkan, pesan dan kesan untuk menjalin sinergitas, maka Polres Sukabumi khususnya dalam mensukseskan Pemilu 2024, akan bersama-sama dengan TNI agar pemilu-nya lebih sukses lagi.


"Semoga Yon Armed semakin berjaya dan semakin sinergis dengan Polri untuk bersama-sama mempersatukan bangsa. Bahwa NKRI harga mati," pungkasnya. 



Reporter : Us
Redaktur : R Cking
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Syukuran HUT Ke 61 Yon Armed 13/Nanggala Kostrad Cikembar Sukabumi Gelar Baksos

Trending Now

Iklan