Puluhan Dongdang Meriahkan Pesta Rakyat di Hari Jadi ke 41 Desa Kutajaya Cicurug Sukabumi

Redaksi
Sabtu, 01 Juli 2023 | 20:43 WIB Last Updated 2023-11-01T13:57:41Z



TERBIT.ID I Sukabumi - Dalam rangka menyambut hari jadi Desa Kutajaya yang Ke 41, Pemerintah Desa Kutajaya bersama BPD serta Karang Taruna mengadakan beberapa kegiatan, bertempat di halaman kantor Desa Kutajaya, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (01/07/2023).


Ketua Panitia penyelenggara Erwin Hermansyah mengatakan, bahwa dalam kegiatan Milad ke 41 tahun Desa Kutajaya ini yaitu dengan mengusung tema Mengenang Sejarah Menghidupkan Budaya dengan menampilkan beberapa kreasi seni dan budaya.


"Iya, kreasi seni budaya yang ditampilkan berupa, Pawai dengan menampilkan beberapa kreasi Dongdang dari beberapa peserta, baik tingkat RT maupun RW,dengan jumlah peserta sebanyak 20 peserta dengan diikuti kurang lebih sebanyak 2000 warga,"ujarnya kepada terbit.id, Sabtu (01/07/2023).



Lanjutnya, selain kegiatan pawai dongdang,ada juga beberapa kegiatan lain diantaranya Istigosah bersama, dilanjutkan dengan acara pentas seni dari muda - mudi warga Desa Kutajaya dan Jaipongan serta pentas seni Calung goledag.


"Harapan saya, dengan adanya hari jadi Desa Kutajaya ke 41 ini akan bisa menghidupkan kembali seni dan budaya dengan tidak merubah tatanan yang sudah ada untuk mengenang sejarah tradisi para Leuluhur," pungkasnya.


Sementara itu Kepala Desa Kutajaya Udin Suherman mengatakan, bahwa tepat tanggal 1 Juli 2023 ini bahwa  Desa Kutajaya merayakan hari jadi yang ke 41 tahun, dimana Desa Kutajaya ini merupakan pemekaran dari Desa Pasawahan pada tahun 1982.


"Luas Desa Kutajaya 646 Ha, dengan batas wilayah sebelah Barat berbatasan dengan Taman Nasional Gunung Salak, sebelah timur dengan Desa Benda, sebelah selatan dengan Desa Pasawahan dan sebelah Utara dengan Desa Tugu jaya Kabupaten Bogor," jelasnya.


Selanjutnya, Desa Kutajaya mempunyai jumlah penduduk sebanyak kurang lebih 20.741 jiwa sesuai dengan angka dari BPS (documen Cicurug dalam angka tahun 2022) dengan jumlah laki- laki 10.690 jiwa, perempuan 10.051 jiwa.


"sehingga menurut hasil dari Badan statistik kependudukan bahwa Desa Kutajaya merupakan desa terpadat penduduknya di Kabupaten Sukabumi," ungkapnya.


Banyak potensi-potensi yang di milik Desa Kutajaya, baik dari sumber daya alamnya maupun dari Pariwisata dan budayanya, sehingga perlu potensi ini digali dan dikembangkan kedepannya.


"Iya sehingga dalam ulang tahun hari jadi Desa Kutajaya yang ke 41 ini mengambil tema mengenang sejarah dan menghidupkan kembali budaya tradisi masyarakat Desa Kutajaya," imbuhnya.


Hal ini terlihat dari antusias warga Desa Kutajaya yang begitu semarak menyambut hari jadi Desa Kutajaya yang Ke 41.


"Semoga acara ini bisa berjalan dengan sukses, lancar dan kondusif menuju Desa Kutajaya ke arah yang lebih baik," pungkasnya.


Reporter  : Us
Redaktur : R.Cking.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Puluhan Dongdang Meriahkan Pesta Rakyat di Hari Jadi ke 41 Desa Kutajaya Cicurug Sukabumi

Trending Now

Iklan