Milenial Muda Loka Tresnajaya dan Mahasiswa Universitas Pakuan Bekali Ilmu Bagi Pelaku UKM di Cicurug Sukabumi

Redaksi
Sabtu, 15 Juli 2023 | 20:44 WIB Last Updated 2023-07-15T14:27:56Z
Loka Tresnajaya Milenial Muda Owner Caffe D'Garasi dan CV Tresnajaya Usai Pelatihan Penggiat UMKM di Caffe D'Garasi Benda Cicurug, Sabtu, (15/7/2023). Foto : R. Cking. 


TERBIT.ID I Sukabumi - Pengabdian Kepada Masyarakat, CV Tresnajaya bersama Mahasiswa Sekolah Pascasarjana Universitas Pakuan ajak puluhan pelaku usaha kecil mikro(UKM) se Kecamatan Cicurug di caffe D'Garasi Kampung/Desa Benda, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu, (15/7/2023). 

Pantauan terbit.id, puluhan para pelaku usaha UMKM se Kecamatan Cicurug begitu serius mengikuti  pelatihan yang di gelar oleh Prodi Ilmu Manajemen S3, Prodi Manajemen S2, CV Treana Jaya dan Karang taruna Kecamatan Cicurug. 

Pelatihan mengusung tema Pelatihan pengelolaan SDM di Era Digitalisasi pada Mitra Binaan Sekolah Pasca Sarjana Universitas Pakuan di D' Garasi Kampung Desa Benda, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi. 

Kepada terbit.id, Pengusaha milenial muda owner Caffe D'Garasi Benda Cicurug Loka Tresnajaya mengatakan, kalo berbicara peserta, ini adalah pelatihan untuk para penggiat UMKM. 

" jadi Universitas Pakuan mempunyai suatu program pengabdian kepada masyarakat," Jelas Loka lelaki yang selalu berpenampilan nyentrik. 

Jadi tujuannya melaksanakan pelatihan ini untuk meningkatkan kualitas sumber daya masyarakat kalo tohpun itu dari para pelaku  adalah meningkatkan sumber daya manusia untuk para penggiat atau pelaku UMKM itu sendiri. 

Lebih lanjut pengusaha muda Loka, yang diundang untuk menjadi peserta 40 pelaku UMKM namun nyatanya yang datang melebihi dari undangan. 

" Terlihat antusias yang sangat tinggi dari peserta penggiat UMKM, sehingga melebihi target," Ungkapnya. 

Mitranya yang hadir dari Dinas Kabupaten Sukabumi yang memiliki liding sektor UMKM, dan dihadiri narasumber dari Kepala Prodi jurusan sumber daya manusia Manajemen S 2 Universitas Pakuan, dan juga Dosen S3 mata kuliah sumber daya manusia, ada Dosen Manajemen pemasaran serta Dosen Manajemen keuangan. 

Diakuinya, Untuk motivasi para pelaku UMKM, tentunya ada pemberdayaan bahwa untuk bisa menggerakkan dan memajukan usaha itu, yang paling digaris bawahi tentunya dari pelakunya itu sendiri sebelum melakukan sebuah kegiatan khususnya di bidang usaha. 

" Para pelaku usaha harus mengetahui kapasitas diri sendiri, kelebihan dan kekurangannya, dan para penggiat usaha juga harus dibekali mental dan jiwa yang kuat," Terangnya Loka. 

Satu harapan untuk para pelaku usaha mikro program ini kan baru pertama kali diselenggarakan dan nanti ada kelanjutannya, kalo hari ini tentang SDM nanti mungkin tentang keuangan dan marketing khususnya. 

" Jadi harapan saya para pelaku kegiatan mikro ini bisa membekali diri dengan keilmuan supaya proses sebagai pelaku wira usahaan itu akan lebih mudah menjalankan apapun jenis usahanya, sekali lagi jenis usaha akan berjalan didasari dengan satu kata' keilmuan yang sesuai dengan bidangnya," Pungkasnya Loka Tresnajaya, yang masih duduk di semester terakhir Jurusan Manajemen S 2 program Pascasarjana. (R.Cking) 




Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Milenial Muda Loka Tresnajaya dan Mahasiswa Universitas Pakuan Bekali Ilmu Bagi Pelaku UKM di Cicurug Sukabumi

Trending Now

Iklan