Edukasi Lingkungan, KKN Mahasiswa IPB University Gelar Japas Sambil Pungut Sampah di Desa Pasirdoton Cidahu Sukabumi

Redaksi
Minggu, 23 Juli 2023 | 10:47 WIB Last Updated 2023-11-01T13:55:48Z
Kepala Desa Pasirdoton Baesuni didampingi Bhabinkamtibmas Bripka Eko Priyantono, Sekretaris desa Hasanuddin, Mahasiswa IPB University melepas ratusan peserta Jalan pagi sehat di halaman SDN Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Minggu,(23/7/2023).  Foto : R. Cking. 



TERBIT.ID I Sukabumi - Mahasiswa Institut Pertanian Bogor University (IPB University) ajak Warga Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu jalan pagi sehat (Japas) sambil memungut sampah sepanjang rute Japas. 

Pantauan terbit.id,  Kepala Desa Pasirdoton Baesuni didampingi Bhabinkamtibmas Bripka Eko Priyantono, Sekretaris desa Hasanuddin, Mahasiswa IPB University melepas ratusan peserta Jalan pagi sehat dilepas di halaman SDN Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Peserta jalan pagi sehat dibekali plasti polibek dan sarung tangan untuk memungut sampah, Minggu,(23/7/2023). 

Berikut 8 Mahasiswa IPB University, Muhamad Syahryan Ar Rasyid (Departemen Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Manajemen), Natalia Widya Puri Paring Gusti (Departemen Manajemen Sumber Daya Lahan, Fakultas Pertanian)  Aisya Indina Raimadyani (Departemen Arsitektur Lanskap, Fakultas Pertanian), Dianti (Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan) Muhamad Zadathul Rizki (Departemen Teknologi Hasil Ternak, Fakultas Peternakan), Wafiqqy Qashwa Difarry (Departemen Hasil Hutan, Fakultas Kehutanan dan Lingkungan), Ayuning Pinandhita (Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekonomi dan Manajemen), dan ajwa Raudhah Salsabila (Sekolah Bisnis). 

Kepala Desa Pasirdoton Baesuni mengatakan, Selain jalan pagi sehat di gelar oleh para mahasiswa IPB University yang sudah menjalankan program KKN di lingkungan Desa Pasirdoton selama 40 hari. 

" Alhamdulillah, kontribusi dari para Mahasiswa IPB University terhadap masyarakat sudah terlihat, seperti kegiatan bemberian MP ASI, pembuatan pupuk kompos, pembinaan petani perikanan dan ditutup dengan jalan pagi sehat sambil memungut sampah," Jelas Baesuni, kepada terbit.id, Minggu,(23/7/2023). 

Lebih lanjut Baesuni, atas nama Pemerintah Desa Pasirdoton menyampaikan ucapan terimakasih dengan program KKN yang sudah dilaksanakan, pihaknya juga berpesan kepada adik-adik Mahasiswa agar mengerjakan pekerjaan diringi rasa Iklas dan tanpa pamrih. 

" Dengan ilmu yang didapat dari lembaga IPB University, mereka bisa berkontribusi sesuai ilmunya untuk masyarakat secara umum dengan rasa ikhlas dan tanpa pamrih,"Ujarnya.

Kegiatan-kegiatan semacam ini juga memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk belajar dari pengalaman di lapangan dan mengaplikasikan ilmu serta pengetahuan yang telah didapatkan selama perkuliahan di kampus. 

" Partisipasi aktif mahasiswa dalam program KKN diharapkan dapat memberikan manfaat nyata dan solusi konkret bagi masyarakat yang diharapkan dapat berkelanjutan," Tandasnya. 

Sementara itu Mahasiswa Institut Pertanian Bogor University selalu kordinator desa Pasirdoton Muhamad Syahryan Ar Rasyid menyampaikan, Sebanyak delapan mahasiswa yang mengikuti pelaksanaan Program KKN di Desa Pasirdoton selama 40 hari. 

" Untuk di Desa Pasirdoton ada 8 Mahasiswa dan secara keseluruhan se Kecamatan Cidahu sekitar 40 an Orang yang terbagi di empat Desa, diantaranya Desa Pasirdoton, Tangkil, Babakanpari dan Desa Girijaya,," Ujar Syahryan. 

Disampaikan Syahryan, program-program yang sudah dijalankan selama 40 hari, pertama edukasi lingkungan  yang dilaksanakan pada tangga 2 Juli dan hari ini Minggu(23/7/2023).

" Selain dari pada itu kami juga melaksanakan edukasi lingkungan kepada siswa-siswi SDN Pasirdoton lalu ada pertanian kita penyuluhan penyakit tungro padi serta membuat pupuk organik dari bahan jerami, penyuluhan kesehatan di Posyandu dimana kita memberikan materi terkait ASI eksklusif dan MP ASI guna mencegah stunting," Paparnya. 

Pihaknya berharap, semoga program-program yang kita berikan bisa bermanfaat bagi warga Desa Pasirdoton dan dengan Japas ini semoga bisa berjalan lancar dan berkelanjutan dikemudian hari," Ucapnya. 

Dikatakan Syahryan, pelaksanaan hari ini diawali senam, lalu peserta mengikuti Japas sambil memungut sampah sepanjang rute dari star menuju Cipanas, Babakanjampang, Pangsor lanjut ke Papisangan dan kembali ke finis di halaman SDN Pasirdoton. 

" Iya nanti para peserta akan di kasih kupon untuk diundi mendapatkan Door Prize yang kami siapkan," Pungkasnya. (R.Cking). 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Edukasi Lingkungan, KKN Mahasiswa IPB University Gelar Japas Sambil Pungut Sampah di Desa Pasirdoton Cidahu Sukabumi

Trending Now

Iklan