Warga Khawatir Pohon Jenis Mahoni Rawan Tumbang di Cicurug

Redaksi
Senin, 12 Juni 2023 | 14:21 WIB Last Updated 2023-06-20T17:19:02Z


TERBIT.ID I Sukabumi - Sebuah pohon jenis Mahoni kondisinya sudah menghawatirkan dan rawan tumbang tepatnya berada di Jalan Siliwangi Depan Ruko Kembang Kuning, Indolakto, Kelurahan Cicurug, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Senin (12/06/23). 


Salah seorang warga Maulana (42) warga Kampung Cibeber RT 02/04 Desa Tenjo ayu, Kecamatan Cicurug mengatakan, dirinya pernah melaporkan kondisi pohon tersebut pada tanggal 09 April 2023 yang lalu kepihak Kelurahan Cicurug melalui Ketua Cicurug Peduli. 


"Iya, saya pernah melaporkan kondisi pohon Mahoni tersebut kepada Kelurahan dan Kecamatan melalui Ketua Cicurug Peduli, dan itu sudah dilakukan Survey serta laporan ke pihak Dinas terkait, katanya," ujarnya kepada terbit.id.


Lanjutnya, kondisi pohon Mahoni ini semakin parah terlihat di bagian akar dan pohon sudah bolong serta gosong, diduga seperti ada yang membakar. 


"Pohon tersebut bolong di bagian bawah seperti ada yang membakar, karena terlihat kondisinya gosong dan ini cukup mengkhawatirkan karena rawan tumbang," jelasnya. 


Menurutnya, bahwa kondisi pohon seperti ini seharusnya pihak Terkait segera respon untuk mengantisipasi hal- hal terburuk, mengingat posisi pohon jenis Mahoni ini berada di jalan utama. 


"Dimana jalan Siliwangi ini, terutama di jalur Cicurug kondisi arus lalulintas cukup padat dengan kendaraan, baik roda 2 maupun roda 4," pungkasnya. 


Sementara itu Camat Cicurug Ading Ismail mengatakan,bahwa pihaknya pernah mendapat laporan terkait adanya salah satu pohon jenis mahoni yang berada di jalur jalan raya Siliwangi yang rawan tumbang tersebut. 


"Iya, saya langsung memerintahkan jajaran Satpol PP untuk meninjau kondisi pohon jenis mahoni tersebut ke lokasi," ungkapnya. 


Lanjutnya, sesuai aturan bahwa proses evakuasi atau penebangan pohon mahoni tersebut harus melalui tahapan yang harus  ditempuh,mengingat pohon jenis mahoni ini jika dilakukan penerbangan harus melalui pengajuan. 


"Silahkan buat pengajuan dari warga masyarakat lalu di ketahui oleh pihak Kelurahan, lalu direkomendasi melalui pihak kecamatan untuk selanjutnya dilayangkan kepada Dinas terkait untuk di tindaklanjuti,mengingat bahwa keberadaan Pohon jenis mahoni ini berada di jalur Jalan Nasional sehingga upaya Pemerintah Kecamatan akan membuat surat pengajuan secepatnya ke Pemerintah Pusat," pungkasnya. 





Reporter : Us
Redaktur : R Cking
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Warga Khawatir Pohon Jenis Mahoni Rawan Tumbang di Cicurug

Trending Now

Iklan