Tol Bocimi seksi 2 Cigombong-Cibadak di Buka, Kapolres Sukabumi Sampaikan Ini

Redaksi
Minggu, 16 April 2023 | 12:20 WIB Last Updated 2023-04-16T05:21:50Z

TERBIT.ID I Sukabumi - Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede mantau lalan tol Bocimi seksi 2 Cigombong-Cibadak di exit tol di Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mulai dibuka gratis secara fungsional untuk arus mudik Lebaran, pada Sabtu (15/4/2023).

Pantauan terbit.id, jalan tol sepanjang 11,9 kilometer, masih terlihat sepi kendaraan pemudik baik yang masuk maupun keluar melalui exit tol Sundawenang. 

Kepada awak media di gerbang Exit Tol Parungkuda Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede mengatakan, Pembukaan akses tol exit Parungkuda hari ini sudah mulai berjalan, dari pantauan sampai jam 11.15 WIB, kendaraan masih sedikit. 

Maruly mengungkapkan bahwa berdasarkan informasi dari pihak Balai, pengguna jalan untuk mengakses Tol Bocimi seksi 2 tidak bisa melalui pintu tol Cigombong

"Tadi ada pemberitahuan, koreksi yah, dari pihak Balai bahwa untuk yang semula informasinya adalah dari Bocimi untuk keluar itu tidak masalah yah, tetap sesuai rencana dan tetap bisa," jelasnya.

Maruly menambahkan, Diakses tetapi dari luar Cigombong, jika masuk tol dari sini (Parungkuda), melainkan hanya bisa keluar dari Caringin ya, dari akses Caringin. Sehingga ini yang perlu diketahui oleh warga masyarakat agar nanti jangan salah persepsi atau salah jalurnya,” imbuhnya. 

Pihaknya memastikan, untuk dari mulai akses tol keluar via Gerbang Exit Parungkuda mulai hari ini dua arah sudah berlaku, mengingat kondisi jalan yang sudah memadai, kemudian untuk akses keluarnya juga tidak dikenakan biaya.

"Melihat kontur jalan memang halus, jadi kecepatan kendaraan sesuai dengan batas di jalan tol, minimal 60 kilometer perjam dan maksimal 80 kilometer perjam," tuturnya.

Selain itu, Kapolres menegaskan akan membatasi kendaraan besar pada saat Operasi Patuh Lodaya nanti.

"Jadi kendaraan-kendaran besar dibatasi, kecuali kendaraan besar sembako, air mineral dam kendaraan tangki (bahan bakar)," Tuturnya. 

Dikatakan Maruly, memperkirakan peningkatan arus lalulintas ke Sukabumi akan terjadi pada H+1 sampai dengan H+7, berkaitan dengan peningkatan arus wisata dan rencananya akan dilakukan rekayasa wisata pada jalur wisata. 

Sementara itu, Direktur Utama PT Trans Jabar Tol Indhit Pertomo, menuturkan, bahwa Sabtu (15/04/2023) jalur tol Bocimi seksi 2 sudah mulai dibuka dari kedua arah. Ia juga menjelaskan perihal jam operasional yang berlaku.

"Mulai dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB sore hari ini kita buka sudah dua lajur, jalur A dan B, arah Sukabumi dan arah Bogor," kata Indhit.

Selain itu, Indhit menyatakan, Tol Bocimi seksi 2  dibuka sampai dengan 29 April 2023.

"Dibuka mulai H-7 Lebaran dan ditutup pada saat H+7 Lebaran. Jadi hanya untuk fungsional, yang mana di tol Bocimi seksi 2 ini belum berbayar," kata Ia.

Menurut Indhit, untuk progres jalan tol Bocimi seksi 2 ini sudah selesai, tinggal tahap finishing.

"Praktis sudah, tinggal perapihan aja sedikit. Mudah mudahan di bulan Juni atau di awal bulan Juli sudah bisa beroperasi," tuturnya.

Indhit juga menuturkan, tujuan dibukanya Jalan tol Bocimi seksi 2 secara fungsional  guna mengantisipasi adanya lonjakan arus mudik dan balik dari Jabodetabek ke wilayah Sukabumi.

"Jadi harapan jalan tol Bocimi seksi 2 dibuka, minimal bisa mengurai kemacetan yang ke arah Cibadak," Pungkasnya, (Cking). 
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tol Bocimi seksi 2 Cigombong-Cibadak di Buka, Kapolres Sukabumi Sampaikan Ini

Trending Now

Iklan