Pos SAR Sukabumi Sebar Anggota Setiap Pos Pam Antisipasi Arus Mudik Lebaran 1444 H

Redaksi
Minggu, 16 April 2023 | 14:02 WIB Last Updated 2023-04-16T07:03:49Z


TERBIT.ID I Sukabumi - Berbagai kesiapan personel Pos SAR Sukabumi tersebar di setiap Pos Pam di Kota dan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mengantisipasi arus mudik Lebaran 1444 Hijriah tahun 2023. 

Koordinator Pos SAR Kabupaten Sukabumi Suryo Adianto mengatakan, Saat ini telah memasuki masa penyelenggaraan angkutan Mudik Lebaran tahun 2023/1444 H.  Terdapat sekitar 123,8 juta warga masyarakat yang akan melaksanakan aktivitas perjalanan mudik ke kampung halaman dengan moda transportasi darat, laut, dan udara. 

"Jumlah pemudik meningkat sebesar 44,79% dibanding lebaran pada tahun sebelumnya. Peningkatan jumlah pemudik ini terjadi karena meredanya pandemi Covid-19 dan adanya libur dan cuti bersama," Jelas Suryo kepada terbit.id, Minggu,(16/4/2023). 

Lebih lanjut Suryo, Namun, hal ini juga berpotensi menyebabkan kondisi darurat seperti kemacetan lalu lintas ekstrim dan potensi bencana hidrometeorologi di sepanjang rute mudik, terutama di lokasi-pariwisata dan pelabuhan-pelabuhan penyeberangan. 

Menyikapi fenomena tersebut, Pos SAR Sukabumi kembali menempatkan personil rescue serta alat utamanya yang akan berlangsung selama 21 hari dari mulai tanggal 13 april hingga 3 Mei 2023 di berbagai titik di wilayah Kota maupun Kabupaten Sukabumi guna mengoptimalkan pengelolaan penyelenggaraan mudik lebaran tahun ini. 

"Kami akan terus lakukan konsentrasi di beberapa titik wilayah rawan kecelakaan serta titik destinasi wisata yang akan menjadi pusat perhatian masyarakat pada liburan tahun ini," Tegas Suryo. 

Suryo juga mengatakan bahwa pihaknya akan terus melakukan mobile di beberapa titik diantaranya adalah jalur exit Tol Parungkuda, Kawasan Cibadak, hingga Kota Sukabumi, kemudian kawasan wisata seperti Pantai Citepus, Pantai Istiqomah, serta Pantai Karang Naya Samudera Beach Hotel. 

Berbagai kesiapan menyiapkan peralatan Utama juga upaya mendukung kegiatan operasi pencarian dan pertolongan seperti 2 unit kendaraan roda empat, 1 unit kendaraan roda dua, 1 unit ATV, Peralatan SAR Air, dan Peralatan SAR Ekstrikasi. 

"Kami juga akan mendirikan Posko SAR Gabungan bersama para relawan di Samudera Beach Hotel untuk melancarkan koordinasi kami dan mempercepat response time,' Pungkas Suryo. (Cking). 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pos SAR Sukabumi Sebar Anggota Setiap Pos Pam Antisipasi Arus Mudik Lebaran 1444 H

Trending Now

Iklan