Iklan

Kereta Api Sukabumi Batal Beroperasi 1,107 Tiket Dikembalikan, ini Penyebabnya

Redaksi
Rabu, 15 Maret 2023 | 21:31 WIB Last Updated 2023-03-25T17:23:34Z


TERBIT.ID | Jakarta - Imbas Jalur Rel Terdampak Longsor di Lintas Bogor Paledang - Batu Tulis, Kereta Api Pangrango jalur Bogor Sukabumi tidak bisa beroperasi. Sebanyak 1,107 tiket penumpang diganti 100 persen.

Hal tersebut disampaikan Kahumas KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, bahwa PT KAI engucapkan permohonan maaf atas gangguan operasional perjalanan KA Pangrango lintas Bogor-Sukabumi, karena terdampak longsor yang terjadi di area jalur rel KM 2+6/7 antara Stasiun Bogor Paledang dan Batu Tulis. 

"Kronologis longsor awalnya terjadi di bantaran sungai wilayah Kampung Sinar Sari, Kecamatan Bogor Selatan. Namun setelah itu longsor tersebut mulai berdampak ke jalur rel lintas Bogor Paledang - Batu Tulis dengan kondisi Rel menggantung sepanjang 25 meter dengan kedalaman 8 meter dan lebar 5,7 meter," tuturnya. Rabu (15/03).

Selanjutnya kata Eva, dengan pertimbangan keselamatan dan keamanan, keberangkatan pada Rabu 15 Maret Daop 1 Jakarta membatalkan seluruh perjalanan KA Pangrango lintas Bogor-Sukabumi.

"Tercatat pada 15 Maret hari ini  terdapat 1.107 tiket yang sudah terjual. Maka dari itu, Calon penumpang yang sudah membeli tiket akan dikembalikan 100 persen melalui proses pembatalan yang dapat dilakukan di Stasiun Bogor Paledang dan Sukabumi," tuturnya.

Menurut dia, sebelumnya informasi pembatalan juga disampaikan melalui pengiriman pesan singkat ke nomor kontak yang dicantumkan calon pengguna saat membeli tiket. 

"Hingga pukul 15.00 WIB sore tadi tercatat sekitar 600 tiket sudah melakukan pembatalan, adapun proses pembatalan dapat dilakukan hingga 7 hari ke depan dan masyarakat yang sudah membeli tiket tidak harus melakukan pembatalan pada hari yang sama dengan jadwal keberangkatan," jelasnya.

Saat ini, pihaknya kata Eva, sedang melakukan upaya perbaikan jalur rel yang terdampak longsor oleh seluruh tim prasarana Daop 1 Jakarta bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub dengan mengutamakan keselamatan dan keamanan. 

'Selanjutnya untuk perjalanan KA Pangrango pada Kamis 16 Maret 2023 akan diinformasikan melalui media informasi resmi KAI dan di seluruh stasiun lintas Bogor - Sukabumi. Dengan demikian, masyarakat yang membutuhkan informasi terkait perjalanan KA Pangrango dan Proses Pembatalan Tiket dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial @KAI121," tutupnya mengakhiri.(Fa'is). 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kereta Api Sukabumi Batal Beroperasi 1,107 Tiket Dikembalikan, ini Penyebabnya

Trending Now

Iklan