Sekretaris Kwarcab Sukabumi, Tingkatkan Kompetensi Pembina Pramuka Kwartir Ranting Cicurug Sukabumi

Redaksi
Kamis, 23 Februari 2023 | 16:36 WIB Last Updated 2023-03-13T15:55:15Z

TERBIT.ID I Sukabumi - Puluhan anggota Pramuka Ranting Cicurug ikuti kursus pembina Pramuka Mahir tingkat Dasar (KMD) Kwartir Ranting Cicurug  Tahun 2023, di SDN Kebonkawung, Desa Nanggerang, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Kamis,(23/2/2023). 

Informasi dihimpun terbit.id, Ketua Kwarcab Sukabumi diwakili oleh Sekretaris Kwarcab Sukabumi Deden Sumpena dan juga dihadiri oleh KA Pusdiklatcab Sukabumi, Ketua Mabiran Cicurug dan Ketua Kwaran Cicurug. 

Dalam kesempatan tersebut,Sekretaris Kwarcab Sukabumi Deden Sumpena membuka kegiatan serta menyematkan kartu Identitas peserta kursus kepada dua Orang peserta. 

Sekretaris Kwarcab Sukabumi Deden Sumpena mengatakan, kegiatan KMD ini adalah dalam rangka meningkatkan kompetensi para Pembina untuk membina anak-anak didiknya nanti. 

"Outputnya nanti para Pembina bisa mendidik anak didiknya baik itu siaga, penggalang maupun penegak di Kwartir Ranting Pramuka di Kecamatan Cicurug, melalui peningkatan potensi diri menuju pembina Pramuka Trampil, profesional dan berkarakter," pungkasnya. 

Sementara itu Ketua Mabiran Cicurug sekaligus Camat Cicurug, Ading Ismail menyampaikan, Tujuan MKD ini yaitu untuk mendidik dan melatih para Pembina Pramuka yang nantinya akan diaplikasikan kepada anak didiknya. 

"Tentunya ini akan sejalan dengan pembangunan karakter anak bangsa sebagai tujuan jangka panjangnya yaitu bagaimana membangun ahlak manusia kedepanya," bebernya. 

Pihaknya mengusulkan agar anak-anak didik baik ditingakat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas Wajib mengikuti kegiatan kepramukaan. 

"Karena ini akan menjadi solusi bagaimana menekan angka tawuran antar pelajar selama ini, sehingga para pelajar dapat dibekali dengan dasar-dasar kepramukaan," pungkasnya. 

Ketua Panitia Pelaksanaan Nanu Suryana mengatakan, pada pelaksanaan kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) ini secara juknis  akan dilaksanakan selama enam hari yaitu dimulai dari tanggal 23 Pebruari 2023 sampai dengan tanggal 28 Pebruari 2023.

"Untuk teknis pelaksanaan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar ini selalu memegang kepada prinsif metode Dasar Kepramukaan," ujarnya kepad, '

Menurutnya, kegiatan ini di ikuti oleh 50 peserta dari beberapa utusan dari Kwartir Ranting Pramuka Kecamatan Cicurug dengan jumlah peserta putra sebanyak 18 orang dan putri sebanyak 32 orang.

"Ini terdiri dari unsur Siaga 20 orang dan unsur Penggalang 24 orang serta dari unsur Penegak sebanyak 6 orang,"pungkasnya. (Cking). 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sekretaris Kwarcab Sukabumi, Tingkatkan Kompetensi Pembina Pramuka Kwartir Ranting Cicurug Sukabumi

Trending Now

Iklan