-->
  • Jelajahi

    Copyright © TERBIT.ID | BERITA TERBIT HARI INI
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Health

    Ini Ungkapan Poktan Tunas Wangi Palasari Hilir Parungkuda Sukabumi Dapat Bantuan Pembangunan Irigasi Melalui Tedi Setiadi

    TERBIT.ID
    Kamis, 07 Juli 2022, 18:16 WIB Last Updated 2022-07-07T20:29:32Z

    TERBIT.ID | Sukabumi - Pembangunan saluran irigasi persawahan hasil dari buah pokok-pokok pikiran (Pokir) anggota DPRD Kabupaten Sukabumi fraksi partai Gerindra Tedi Setiadi saat reses yang sudah bisa dirasakan manfaatnya oleh poktan Tunas Wangi Kampung Lebakwangi RT 13/02 Desa Palasari Hilir, Kecamatan Patung kuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

    Hal tersebut disampaikan oleh anggota kelompok tani Tunas wangi Saipul Rohman mengatakan, dibangunnya saluran irigasi persawahan ini sangat membantu para petani poktan Tunas wangi.

    Sekitar sepuluh tahunan saluran irigasi  terbengkalai, Sehingga saat pak Tedi Setiadi melaksanakan agenda reses I DPRD Kabupaten Sukabumi pada Januari 2022 silam, jalur irigasi menjadi aspirasi yang disampaikan kepada wakil ketua komisi II DPRD tersebut.

    "Alhamdulillah, kelompok tani (Poktan) Tunas Wangi akhirnya memiliki jaringan irigasi yang kokoh untuk menunjang perairan bagi persawahan par petani,"ujar Rohman.

    Menurut Rahman, selama ini jaringan irigasi untuk pengairan di lahannya sering tersendat, terutama bila musim kemarau atau bahkan saat hujan terjadi longsoran sehingga tanah menutupi jalur irigasi.

    "udah sekitar 10 tahun kami terkendala masalah air ya, dengan dibangunnya irigasi yang menjadi pokir pak dewan Tedi Setiadi ini mudah-mudahan bisa meningkatkan produktivitas pertanian khususnya sawah," jelas anggota Poktan Tunas Wangi, Saepul Rahman kepada terbit.id, pada, Kamis (7/7/2022).

    Diakui Rahman, bahwa ada sekitar 50 petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Tunas Wangi yang sangat terbantu dengan dibangunnya TPT kanan kiri pada  jalur irigasi sepanjang kurang-lebih 166,6 meter,"tandasnya.

    Disaat bersamaan Ketua RT setempat Iman Mansur, membenarkan  jika jalur irigasi yang mengairi pertanian untuk warganya itu seolah tak terurus selama hampir 10 tahun.

    Dengan adanya bantuan melalui pak Tedi Setiadi pihaknya mengucapkan rasa syukur dan terimakasih karena warganya tidak perlu lagi merisaukan soal air untuk sawah pertanian.

    "Ini manfaatnya banyak sekali, untuk persawahan, palawija, serta kolam-kolam ikan milik warga," Pungkasnya Iman. (Cking). 

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru

    KESEHATAN

    +