Northcom Commander Tutup Latma Trilateral Crocodile Response 2022

Redaksi Utama
Sabtu, 21 Mei 2022 | 00:15 WIB Last Updated 2022-05-20T17:15:09Z

TERBIT.ID | AUSTRALIA - Northern Command Commander Colonel Marcus Constable, CSC secara resmi menutup rangkaian Latihan Bersama (Latma) Trilateral Crocodile Response 2022 dalam suatu acara penutupan latihan, bertempat di Rowell Auditorium, Robertson Barrack, Darwin Australia (20/5/2022).

Latma yang bertajuk pemberian bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana yang berlangsung selama dua minggu ini melibatkan berbagai stakeholder baik militer maupun sipil di antaranya Tentara NasionaI Indonesia (TNI), Australia Defence Force (ADF), Marine Rotational Force Darwin (MRF-D), Departement of Foreign Affairs and Trade (DFAT), Basarnas, Australian Civil-Military Center (ACMC) dan USAID. 

Dalam sambutannya, Col. Constable menyampaikan bahwa Latihan Crocodile Response rutin digelar oleh ADF dan MRF-D dan baru di tahun ini TNI  berpartisipasi dalam kegiatan latihan tersebut. Kondisi ini menunjukan semakin eratnya hubungan kerjasama militer antara Australia, Amerika Serikat dan Indonesia, khususnya dalam bidang penanggulangan bencana dan pemberian bantuan kemanusiaan, dimana materi dan skenario yang dilatihkan kepada peserta latihan menitikberatkan pada mekanisme kontigensi dan interoperabilitas antar pihak yang terlibat dalam operasi bantuan kemanusiaan.

Di akhir sambutannya, Col. Constable menyampaikan ucapan terimakasih kepada peserta dari TNI, ADF, MRF-D serta seluruh lembaga yang terlibat.  Secara khusus ucapan terima kasih juga disampaikan kepada narasumber dari Departemen of Foreign Affairs and Trade (DFAT), Basarnas, UN Office for Coordinator Humanitarian Assistance (OCHA), ACMC dan USAID yang telah mendukung serta berbagi pengetahuan tentang bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana.

Mewakili pihak TNI, Letkol Laut (P) Saiful, S.T., Pabandya-3 Non Asean Ban VII Latma Sops TNI selaku ketua delegasi TNI juga menyampaikan terima kasih atas segala pengetahuan dan latihan yang telah diselenggarakan. (**)
 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Northcom Commander Tutup Latma Trilateral Crocodile Response 2022

Trending Now

Iklan