Pembaruan WhatsApp Mengungkapkan Fitur Baru yang Mengubah Game

TERBIT
Senin, 07 September 2020 | 22:07 WIB Last Updated 2021-06-12T12:56:36Z
Pembaruan WhatsApp Mengungkapkan Fitur Baru yang Mengubah Game

TERBIT ■  WhatsApp akan hadir di iPad — dan bagi jutaan pengguna di seluruh dunia, ini akan menjadi pengubah permainan. Ini belum tersedia — tapi sedang diproses.

Kode baru yang terkubur dalam versi beta terbaru menunjukkan bahwa aplikasi kemungkinan akan menautkan empat perangkat ke satu akun.

Raksasa pengiriman pesan ini sedang mengejar ketinggalan dengan platform lain yang memang menawarkan akses lintas platform tanpa batas. Dan itu tidak bisa segera datang.

WhatsApp mendominasi perpesanan aman — tidak ada yang berbuat lebih banyak untuk menghadirkan enkripsi ujung ke ujung ke massa, dan 2 miliar penggunanya lebih aman karenanya. Tetapi pembaruan baru dari Apple dan Google, serta pengarusutamaan Signal, telah meningkatkan standar.

WhatsApp melawan balik, dengan beberapa pembaruan sekarang dalam versi beta. Tetapi akses banyak perangkat adalah satu area yang masih berarti jika dibandingkan sebelumnya.

Saya pertama kali melaporkan bahwa WhatsApp memiliki beberapa perangkat tertaut yang sedang dikembangkan bulan lalu. Dan sekarang WABetaInfo yang luar biasa telah mengonfirmasi lebih banyak kode dalam versi beta terbaru yang tampaknya mengonfirmasi pembaruan sedang dalam perjalanan dan menunjukkan cara kerjanya. Empat perangkat terhubung ke satu nomor telepon, satu akun.

Ini mungkin berarti menggunakan autentikasi dua faktor pada perangkat baru — dan menggunakan WhatsApp di komputer atau tablet tanpa dibatasi pada aplikasi web yang menarik konten dari ponsel Anda. Pendekatan saat ini jauh dari ideal dan merindukan banyak fungsi aplikasi. Itu sekarang akan berubah.

Trek tersembunyi baru untuk fitur yang memungkinkan untuk menggunakan akun WhatsApp yang sama di beberapa perangkat, dan mode pencarian lanjutan!

WhatsApp tidak ingin membahayakan enkripsi ujung-ke-ujungnya, dan di sanalah ada tantangannya. Keputusan desain akan mencakup apakah akan mentransfer riwayat pesan ke perangkat yang baru ditautkan, apakah akan memegang repositori pusat, dan bagaimana menjalankan enkripsi ujung ke ujung di mana kedua sisi obrolan — atau beberapa sisi grup — memiliki lebih dari satu perangkat, membuat berbagai titik akhir.

Pengenalan berbagai perangkat terkait sangat besar bagi WhatsApp — ini adalah kelemahan terbesarnya dalam persaingan. Ini akan memungkinkan platform untuk mengejar ketinggalan dengan orang-orang seperti iMessage dan Signal, yang keduanya memiliki opsi yang sangat bagus untuk menautkan beberapa perangkat. Jika laporan bahwa Google berencana untuk mengenkripsi platform perpesanan RCS secara end-to-end adalah benar, maka ada satu lagi dalam campuran tersebut.

Tapi, bagi pemilik WhatsApp Facebook, hal ini juga membawa masalah serius. Pengguna Facebook Messenger yang populer — yang tidak dienkripsi ujung ke ujung secara default — sekarang harus beralih ke WhatsApp. Akses multi-platform adalah keunggulan utamanya dibandingkan WhatsApp — itu akan hilang.

Ada juga pembicaraan tentang interoperabilitas — pengguna WhatsApp dapat mengirim pesan ke akun Messenger. Sementara itu, Facebook kembali mengonfirmasi rencananya untuk menambahkan enkripsi ujung ke ujung ke messenger, tetapi itu belum waktunya dalam waktu dekat.

Ini adalah salah satu dari dua pembaruan fungsionalitas penting yang ditambahkan WhatsApp — yang lainnya adalah memperluas enkripsi ujung ke ujung ke cadangan cloud. Saat ini dapat diakses oleh penyedia cloud — sebagian besar Apple atau Google.

Pembaruan WhatsApp juga sedang dikerjakan untuk memperbaiki masalah ini, memperkenalkan pemisahan riwayat pesan yang aman dari telepon utama, dan ini dapat membantu mendukung akses banyak perangkat yang aman.

Keamanan platform yang kacau, kurangnya akses ke konten oleh penegak hukum dan lembaga keamanan telah menciptakan keretakan besar antara pembuat undang-undang dan raksasa teknologi AS di belakang platform tersebut. Dan itulah mengapa pembaruan terbaru dari rilis beta WhatsApp baru sangat penting — ini adalah pernyataan lain dari Facebook yang bermaksud untuk memperluas penggunaan enkripsi, memperluas jangkauannya.

Seperti yang telah saya katakan sebelumnya, meskipun platform lain lebih aman, tidak ada yang berbuat lebih banyak untuk mempopulerkan perpesanan aman selain WhatsApp, dan saya akan dengan senang hati menyarankan siapa pun untuk menggunakan platform tersebut sebagai utusan mereka.

Satu kata nasihat — siapkan PIN aman, karena ponsel memang diretas, dan WhatsApp tidak dapat melindungi Anda jika Anda tidak melindungi diri sendiri. Dan jika Anda mengkhawatirkan konten Anda, nonaktifkan cadangan cloud hingga dienkripsi secara end-to-end. (R-01)


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pembaruan WhatsApp Mengungkapkan Fitur Baru yang Mengubah Game

Trending Now

Iklan