TERBIT.ID, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta mengumumkan penyesuaian jadwal perjalanan Kereta Api (KA) Pangrango yang akan diberlakukan mulai 1 Juli 2024. Langkah ini diambil untuk meningkatkan efisiensi waktu tempuh perjalanan antara Stasiun Bogor dan Stasiun Sukabumi.
KA Pangrango, yang merupakan layanan kereta api lokal komersial di wilayah Daop 1 Jakarta, saat ini beroperasi tiga kali pulang pergi (PP) setiap harinya. Dengan tarif tertinggi Rp80.000 untuk kelas eksekutif dan Rp45.000 untuk kelas ekonomi, KA ini menjadi pilihan utama bagi penumpang yang melakukan perjalanan di rute tersebut.
Ixfan Hendriwintoko, Manager Humas Daop 1 Jakarta, menyatakan bahwa penyesuaian jadwal ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. "Mulai 1 Juli 2024, KA Pangrango akan mengalami penyesuaian jadwal keberangkatan baik dari Stasiun Bogor maupun Stasiun Sukabumi. Dengan penyesuaian ini, waktu tempuh perjalanan rata-rata akan lebih efisien, yakni 14 menit lebih cepat dari sebelumnya," ungkap Ixfan, Kamis(20/6/2024).
Jadwal Baru KA Pangrango
Keberangkatan dari Stasiun Bogor:
KA 202A: Berangkat pukul 08.20 WIB, tiba di Sukabumi pukul 10.10 WIB
KA 204A: Berangkat pukul 14.00 WIB, tiba di Sukabumi pukul 15.50 WIB
KA 206A: Berangkat pukul 19.30 WIB, tiba di Sukabumi pukul 21.20 WIB
Keberangkatan dari Stasiun Sukabumi:
KA 201A: Berangkat pukul 05.30 WIB, tiba di Bogor pukul 07.20 WIB
KA 203A: Berangkat pukul 11.25 WIB, tiba di Bogor pukul 13.15 WIB
KA 205A: Berangkat pukul 17.00 WIB, tiba di Bogor pukul 18.50 WIB
Peningkatan Volume Penumpang
Data pemesanan tiket pada 20 Juni 2024 mencatat bahwa KA Pangrango relasi Bogor-Sukabumi (PP) telah memberangkatkan sekitar 2.473 penumpang, atau 98% dari kapasitas tempat duduk yang tersedia yaitu 2.520 tempat duduk. Angka ini menunjukkan peningkatan dibandingkan dengan rata-rata volume penumpang harian sekitar 2.000 pengguna pada hari biasa.
Selama periode libur Idul Adha 1445 H dari 14 hingga 19 Juni 2024, sebanyak 17.589 penumpang telah diberangkatkan, dengan okupansi penumpang mencapai 97,7% dari total ketersediaan tempat duduk sebanyak 18.000.
Pemesan Tiket Lebih Mudah
Ixfan juga menginformasikan bahwa pemesanan tiket KA Pangrango dapat dilakukan melalui aplikasi Access by KAI, mulai H-30 hingga 1 jam sebelum keberangkatan. Loket penjualan Go Show juga melayani pembelian tiket selambatnya 30 menit sebelum keberangkatan.
Untuk informasi lebih lanjut terkait ketersediaan tiket dan perjalanan KA Pangrango, masyarakat dapat menghubungi Customer Service di stasiun, Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.
Editor : R.Cking