Wabup Lantik Pengurus KEK Kabupaten Sukabumi, 5 Subsektor Ekonomi Kreatif Dikembangkan

Redaksi
Selasa, 12 Desember 2023 | 15:17 WIB Last Updated 2023-12-12T08:37:22Z

Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi Iyos Somantri menghadiri acara pengukuhan pengurus Komite Ekonomi Kreatif (KEK) Kabupaten Sukabumi periode 2022 -2025.

TERBIT.ID, Sukabumi - Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi Iyos Somantri menghadiri acara pengukuhan pengurus Komite Ekonomi Kreatif (KEK) Kabupaten Sukabumi periode 2022 -2025 di aula Taman Rekreasi Cimelati, Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (12/12/2023). 

Iyos hadir mewakili Bupati Sukabumi Marwan Hamami. Dalam kegiatan tersebut Iyos didampingi Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi. 

Iyos menyatakan setelah dilantik, KEK diharapkan dapat  langsung melakukan langkah- langkah konsolidasi dengan pihak-pihak terkait terutama dengan para pelaku ekonomi kreatif yang ada di Kabupaten Sukabumi. 

Iyos menyatakan sudah ada 5 subsektor ekonomi kreatif yang sudah bergabung dan tinggal 12 subsektor lagi yang harus mengikuti tahapan peningkatan ekonomi di Kabupaten Sukabumi. Dalam hal ini, kata Iyos yang lebih penting lagi adalah bagaimana meningkatkan dan menambahkan pengembangan ekonomi di Kabupaten Sukabumi melalui ekonomi kreatif sekarang ini. 

"Melalui Komite Ekonomi Kreatif ini bisa mendongkrak ekonomi yang memang diminati oleh para kawula muda atau kaum milenial," katanya.

Sementara itu, Ketua KEK Kabupaten Sukabumi Achmad Dayari mengatakan, pengurus KEK Kabupaten Sukabumi sudah membuat Road map serta merancang sejumlah program.
 Kemudian anggota KEK sudah tersebar di beberapa wilayah seperti di Sukabumi Utara, Sukabumi Tengah dan Sukabumi Selatan. Menurut dia, hal tersebut menjadi sebuah tonggak awal KEK berjalan di Kabupaten Sukabumi.

"Selanjutnya kita akan coba membangun jejaring ke-47 Kecamatan yang ada di Kabupaten Sukabumi sehingga ada bagian- bagian dari kepengurusan dari KEK di setiap wilayah Kecamatan nantinya," ujar pria yang akrab disapa Kang Aday itu.

Lebih lanjut dia menyatakan, terdapat 17 subsektor di bidang ekonomi kreatif yang dibuat KEK melalui Dinas Pariwisata. Dari 17 itu, 5 subsektor yang sedang dikembangkan yaitu, fashion, kriya, kuliner, fotografi dan seni pertunjukan.

Menurutnya,  kriya dan kuliner di Kabupaten Sukabumi sudah cukup berkembang dan ini sudah bergabung di Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan 
(Dekranasda) Kabupaten Sukabumi. 

"Jadi kami dari Komite Ekonomi Kreatif ini hanya bisa mengarahkan dan membantu jika ada program- program dari kedinasaan atau dari nasional itu bisa terakomodir dengan baik," pungkasnya. 


Reporter  : Usep Suherman
Redaktur : Andri.S
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Wabup Lantik Pengurus KEK Kabupaten Sukabumi, 5 Subsektor Ekonomi Kreatif Dikembangkan

Trending Now

Iklan