Panitia Kerja Ajak Orang Batak di Jakarta Ikut Bentang Ulos 1.000 Meter di Monas

Redaksi
Selasa, 31 Oktober 2023 | 17:45 WIB Last Updated 2023-10-31T13:07:58Z
TERBIT.ID I Jakarta - Tim kerja panitia Hari Ulos Nasional ke 9 tahun 2023, mengajak seluruh masyarakat adat batak yang ada di Kota Jakarta, untuk ikut serta membentangkan ulos 1.000 meter, dengan mengelilingi Tugu Monas.

Ketua Tim Kerja Panitia Hari Ulos Nasional ke 9 tahun 2023 Mikhael Siregar mengatakan, bahwa aksi bentang ulos 1.000 meter mengelilingi Tugu Monas di Jakarta, merupakan tindak lanjut dari aksi parade mengelilingi 8 kabupaten di kawasan Danau Toba, Sumatea Utara. 

"Iya, kita telah Sukses mengeliling 8 kabupaten di kawasan Danau Toba, puncak acaranya itu di Parapat 17 Oktober. Ini kita mau ajak semua orang batak yang ada di Jakarta untuk ikut membentangkan ulos 1.000 meter di Monas. Ya, harapannya Presiden Jokowi mau menetapkan 17 Oktober sebagai Hari Ulos Nasional, Ujarnya kepada terbit.id ,Senin (30/10/ 2023).

Lanjut Mikhael, bahwa dirinya tiba di Jakarta bersama dengan Ketua Yayasan Pusuk Buhit Efendy Naibaho alias Fenho, tim kerja lainnya yaitu Ibnu Sanjaya Hutabarat, Asriel Hasibuan, Rudi Tamora Hutabarat, dan Arief Tampubolon.

"Saya akan bergabung dengan tim kerja panitia lainnya di Jakarta, seperti dengan Feber Manalu, Sikat Pasaribu, Novi Situmorang, Raja Hasoge Panjaitan, Edward Simanjuntak, Magdalena Hutagaol, Fony Sitanggang, Manguji Nababan, Joe Sidjabat, Ira Piliang dan  yang lainnya," jelasnya.

Menurutnya, untuk Posko panitia akan dibuat di Mess Pemprov Sumut Jalan Jambu, Jakarta, atas arahan dan persetujuan Pj Gubsu Hassanudin, saat melepas tim panitia di Rumah Dinas Gubernur. Ada juga saat itu tokoh masyarakat Rahudman Harahap yang hadir, dan sejumlah Kepala OPD Pemprovsu. 

"Saya berharap aksi betang ulos 1.000 meter mengelilingi Monas mendapat sambutan positif dari pemerintah pusat dan do'a kami semuanya berjalan dengan baik dan lancar serta dapat apresiasi dari Presiden Jokowi dan Kementerian atau lembaga terkait dengan budaya kita ini,"ungkapnya.

Bahwa ulos telah ditetapkan sebagai benda budaya oleh Kementerian Pariwisata Kebudayaan dan Ekonomi Kreatif, dan tanggal 17 Oktober sebagai Hari Ulos sejak tahun 2014. 


Kontributor.    : Rizky Zulianda. 
Redaktur.        : Us.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Panitia Kerja Ajak Orang Batak di Jakarta Ikut Bentang Ulos 1.000 Meter di Monas

Trending Now

Iklan