Satu Rumah Tinggal Dihuni 6 KK di Cibadak Sukabumi Ludes Diamuk Sijago Merah

Redaksi
Rabu, 13 September 2023 | 14:51 WIB Last Updated 2023-09-13T08:08:40Z

TERBIT.ID I Sukabumi - Diduga korsleting arus pendek satu bangunan rumah semi permanen di huni enam Kepala Keluarga (KK) ludes dilalap sijago merah di Kampung Sekarwangi RT 03/19, Kelurahan/Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (13/9/2023).

Informasi dihimpun terbit.id, sejumlah unsur dan instansi termasuk DPKP Kabupaten Sukabumi Pos IV Damkar Cibadak, Babinsa Kelurahan Cibadak, Polsek Cibadak, Lurah Cibadak, P2BK Kelurahan Cibadak dan Nagrak, Pol PP Kecamatan Cibadak, Ambulan Puskesmas Cibadak, Redkar Kelurahan Cibadak dan relawan turut dalam penanganan kebakaran tersebut. 

Komandan Posko IV Damkar Cibadak, Iyep Yosepa mengatakan, segera merespons laporan kebakaran tersebut sekira pukul 09.00 WIB. Posko IV Damkar Cibadak menurunkan 3 unit pemadam kebakaran ditambah satu unit kendaraan rescue. 

"Rumah tersebut dalam keadaan kosong saat kebakaran terjadi. Api pertama kali muncul di plafon bagian tengah rumah dan dengan cepat merembet ke seluruh bagian atap rumah milik bapak Yusuf," Jelas Iyep. 

Lebih lanjut Iyep, kebakaran diduga disebabkan oleh arus pendek listrik yang menghanguskan satu unit rumah. Namun, rumah tersebut telah disekat menjadi 5 unit yang ditempati oleh 5 kepala keluarga berbeda.

"Salah satu kendala yang dihadapi tim pemadam adalah kemacetan lalu lintas saat menuju lokasi kebakaran. Selain itu, aliran listrik belum dimatikan ketika kita tiba di lokasi," ungkapnya. 

Dikatakan Iyep, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, tetapi penghuni yang mengalami kebakaran mengungsi di rumah saudara mereka. 

"Adapun taksiran kerugian akibat kebakaran mencapai sekitar Rp 300 juta, namun, penyebab pasti kebakaran masih dalam penyelidikan," jelasnya.

Iyep menambahkan, masyarakat dihimbau untuk tidak membakar sampah sembarangan, khususnya rumput kering, yang dapat menyebabkan kebakaran lahan, terutama pada musim kemarau. Para petani juga diminta untuk tidak membakar lahan pertanian, melainkan menggunakan perkakas yang aman," Imbuhnya. (Rawin Cking). 
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Satu Rumah Tinggal Dihuni 6 KK di Cibadak Sukabumi Ludes Diamuk Sijago Merah

Trending Now

Iklan