Pasca Kebakaran Gunung Jayanti Pelabuhanratu, Begini Kata Kapolres Sukabumi

Redaksi
Minggu, 24 September 2023 | 14:57 WIB Last Updated 2023-09-24T08:06:33Z

TERBIT.ID I Sukabumi - Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede menggelar Press rilis pasca kejadian kebakaran lahan garapan milik PT. Wika tepatnya di kawasan Gunung Jayanti, Kecamatan Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, diketahui terjadi pada,Jumat (22/09/23) sekitar pukul 16.15 WIB. 


AKBP Maruly Pardede mengatakan, bahwa menurut keterangan dari beberapa orang saksi, bahwa berawal dari adanya laporan Masyarakat tentang telah terjadinya kebakaran di lahan garapan di sekitar Kampung Batusapi sampai dengan dekat Gunung Jayanti Kecamatan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi. 


"Iya, untuk dugaan sementara titik awal adanya api berdasarkan keterangan para saksi diduga kebakaran berasal dari lahan garapan milik PT. WIKA yang di garap oleh masyarakat setempat, dan dari apa yang diterangkan para saksi pun menjelaskan dalam beberapa hari ini ada sering ditemukan lahan garapan yang terbakar namun dengan api yang kecil dan bisa dipadamkan oleh sebagian penggarap di lahan tersebut,"  ujarnya kepada awak media, Minggu (24/09/23). 


Selanjutnya, bahwa dari beberapa saksi penggarap yang sudah dimintai keterangan an Efendi Harahap,bahwa pada sekitar pukul 13.30 WIB, dirinya melihat adanya kebakaran di lahan garapan milik Sdr. Yamin dan kemudian merembet ke bawah menuju lahan miliknya.


"kemudian ia mencoba memadamkan api secara manual, lalu setelah padam Sdr Efendi Harahap pergi namun sekitar pukul 16.00 WIB dirinya kembali akan tetapi api tersebut ternyata belum padam dan merembet ke arah Perum Tamansari dan Gunung Jayanti," ungkapnya. 


Menurutnya, setelah dilakukan wawancara terhadap warga sekitar lokasi kebakaran dengan hasil keterangan telah adanya warga yang menggarap lahan di sekitar daerah Gunung Jayanti yang berdekatan dengan Kantor BMKG diduga telah melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar lahan Garapan.


" Adanya salah satu warga yang merupakan Ketua RT yang bernama Sdr Rikman pada Kamis pagi (21/09/23) sekira jam 08.00 WIB,telah melihat salah satu penggarap namun tidak diketahui namanya telah melakukan pembakaran lahan untuk membuka lahan,bahkan oleh sdr Rikman sempat ditegur.


"Selanjutnya tidak diketahui untuk api tersebut dipadamkan atau tidaknya, sementara menurut Ketua RW Sdr Heri Wibowo menyampaikan saat kejadian kebakaran,dirinya meninjau langsung ke lokasi dan sempat melihat api diduga berasal dari lahan garapan di sekitar bangunan Sdr Fikri dekat tower," jelasnya. 


Menurut ia bahwa untuk pemilik lahan belum diketahui sehubungan keadaan menjelang sore hari sehingga Sdr Heri Wibowo belum bisa memastikan pemilik lahan Garapan tersebut,"Kata dia. 


Sementara keterangan Sdr Efendi Harahap menambahkan, dirinya mencurigai seseorang yang tidak diketahui namanya berasal dari Bagbagan yang memiliki gangguan kejiawaan yang sering di bicarakan oleh masyarakat yang memiliki lahan garapan.

"Bahwa orang tersebut sering membakar saung-saung milik penggarap lahan dengan total sampai saat ini ada 8-10 saung yang sudah pernah di bakar," jelasnya. 


Upaya yang telah dilakukan yaitu melakukan Cek TKP dan melakukan Upaya pemadaman kebakaran yang terjadi di  Gunung Jayanti, Kecamatan Palabuhanratu,Kabupaten Sukabumi serta melakukan Penyelidikan terkait dengan awal mula terjadinya kebakaran Gunung Jayanti tersebut dengan melakukan Identifikasi, Dokumentasi serta melakukan Klarifikasi.




Reporter : Us
Redaktur : R Cking
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pasca Kebakaran Gunung Jayanti Pelabuhanratu, Begini Kata Kapolres Sukabumi

Trending Now

Iklan