Ngutang Dulu Baru Bayar, Begini Cerita Panitia Pilkades Benda Cicurug Sukabumi

Redaksi
Senin, 25 September 2023 | 13:22 WIB Last Updated 2023-09-25T08:17:30Z

TERBIT.ID I Sukabumi - Panitia pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Benda dalam melaksanakan kegiatan Pilkades kali ini sementara  menggunakan dana anggaran talangan. 

Ketua panitia pemilihan Kepala Desa Benda Asep Supriyatno mengatakan, bahwa dalam melaksanakan kegiatan Pilkades serentak tahun 2023 kali ini, anggaran untuk Pilkades sementara menggunakan anggaran dana talangan. 

"Iya, ada anggaran juga akan tetapi ini untuk anggaran Panitia, Panwas, BPD juga ada anggaran untuk panitia Kabupaten," ujarnya kepada awak media, minggu (24/09/23). 

Lanjutnya, ketika ditanya mengenai rincian penggunaan dana Pilkades, dirinya mengatakan, itu rinciannya ada di Bendahara. Sementara mengenai dana untuk publikasi itu memang tidak ada dari sananya. 

"Sebetulnya kemarin ada mefing dari Kabupaten bahwa ada anggaran yang bisa di cairkan sebelum Kepala Desa Cuti dan sesudah cuti," jelasnya. 

Menurutnya, dengan adanya seperti ini sehingga untuk biaya makan panitia dan lainnya , dengan pihak pengelola penyedia makanan dirinya ngutang terlebih dahulu. 

"Nah, untuk anggaran kegiatan ini sementara menggunakan dana talangan terlebih dahulu, sehingga untuk biaya makan tenda dan lainnya di bayar sesudah pelaksanaan selesai, "ungkapnya.

Masih kata Asep, sehingga Panitia kekurangan anggaran dalam pelaksanaan Pilkades benda ini karena ada biaya yang tidak di handle oleh anggaran tersebut, seperti biaya Dekorasi, tenda, sound system, publikasi media dan yang lainya. 

"Kami sebetulnya sudah ngobrol dengan para calon Kades mengenai kekurangan anggaran ini , maunya seperti  bagaimana terkait kekurangan anggaran tersebut dan kekurangan itu diperkirakan sekitar 30 jutaan,"kata dia. 

Bahwa semua ini sudah diungkapkan kepada para calon Kepala Desa, akan tetapi realisasinya tidak ada karena tidak ada unsur paksaan.

"Iya, anggaran yang di kucurkan dari DPMD sebesar 164 juta itu pun di bagi beberapa unsur yaitu Panitia, BPD, Panwas dan Panitia Kabupaten jadi anggaran tersebut tidak sepenuhnya kepada Panitia," pungkasnya. 




Reporter  : Us
Redaktur  : R Cking
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ngutang Dulu Baru Bayar, Begini Cerita Panitia Pilkades Benda Cicurug Sukabumi

Trending Now

Iklan