3 Unit Damkar Padamkan Tumpukan Sampah Terbakar di Bojonggenteng Sukabumi

Redaksi
Minggu, 03 September 2023 | 07:20 WIB Last Updated 2023-09-03T00:21:56Z

TERBIT.ID I Sukabumi - Tiga unit damkar diturunkan untuk memadamkan tumpukan sampah yang terbakar diluar tembok bukan milik PT Kwang Cheon Kim Indonesia di Kampung Pakuwon RT 01/01, Desa Cibodas, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu,(2/9/2023). 

Warga setempat Aceng mengatakan, bahwa tumpukan sampah yang terbakar itu diluar tembok dan bukan milik PT Kwang Cheon Kim Indonesia, bahkan jarak dengan sekitar 10 meter. 

" Itu sampah yang terbakar diluar dan bukan milik pabrik," Ujar Aceng kepada terbit.id.

Diakui Aceng, bahwa lokasi tumpukan sampah yang terbakar masih di lingkungan Kampung Pakuwon RT 01/01, Desa Cibodas. 

Sementara Danpos Damkar Kalapanunggal Sudirman mengatakan, Informasi yang terbakar itu tumpukan sampah bekas makanan, tempat pembuangam sampah, yang lokasinya di belakang (pabrik), 

Mungkin di belakang ada yang membakar sampah, jadi dari sana titik api mulainya. 

" Kami mendapatkan informasi sekira pukul 20.30 WIB, dari Damkar Kalapanunggal meluncur ke lokasi, sekitar pukul 21.00 WIB," Jelas Sudirman, kepada terbit.id, Sabtu,(2/9/2023) malam. 

Dirman mengakui, dengan kondisi api sudah agak mereda, dibantu dari unit posko Cibadak sebanyak 2 unit yang meluncur ke lokasi, jadi total unit Damkar 3 unit bersama dengan posko Cibadak

Alhamdulillah, kobaran api sudah bisa ditangani, bisa dijinakan dan kondisi sekarang sudah kembali kondusif. 

" Kendala yang kami alami itu sumber air, kami agak kesulitan karena mungkin kondisi sekarang lagi kemarau, sehingga kami ambil sumber air dari hydrant yang ada di sebelah pabrik.Ternyata tekanan airnya agak kurang, sedikit dan kecil," Paparnya. 

Meskipun dengan keterbatasan air, namun proses pemadamannya sekitar 25 menit sehingga kobaran api dapat dijinakan. 

" Kami himbau khususnya untuk masyarakat, dalam kondisi kemarau ini, tolong dijaga, jangan sampai buang puntung sembarangan apalagi bakar bakar sampah sembarangan, soalnya rentan kebakaran," Ucapnya. 

Dengan kondisi panas seperti ini, bisa cepat itu merambat dari titik api yang kecil, sudah banyak kejadian di gunung walat, itu sumbernya dari puntung rokok," Imbuhnya. (Rawin Cking). 



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 3 Unit Damkar Padamkan Tumpukan Sampah Terbakar di Bojonggenteng Sukabumi

Trending Now

Iklan