PT Wings Food Bangun Gudang di Cicurug Sukabumi, Dimana Lahan Penggantinya ?

Redaksi
Selasa, 27 Juni 2023 | 16:16 WIB Last Updated 2023-06-27T09:18:17Z


TERBIT.ID I Sukabumi - Peletakan batu pertama gudang DC Cigombong milik PT Wings Food berada di wilayah tiga Kampung di jalan Raya Cimalati, Kelurahan/Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, selasa (27/06/2023). 


Berdasarkan informasi dihimpun terbit.id, pembangunan gudang DC Cigombong milik PT. Wings Food rencana bangunannya sekitar 7500 meter diatas lahan seluas 2,1 Hektare berada diwilayah tiga Kampung yakni Kampung Cimalati RT 02/01, Nempel RT 001/ 003 dan Kampung Babakan Kaum RT 01/03, Kelurahan Cicurug. 


Manager Distribution Center PT Wings Food Franstio mengatakan, untuk mempermudah suplay pendistribusian barang untuk wilayah Cigombong, Cicurug dan sekitarnya sehingga dibutuhkan sebuah gudang.

"Untuk pembangunan sebuah gudang ini di butuhkan waktu sekitar kurang lebih 8 sampai 10 bulan hingga tuntas," Jelas Frans. 


Diakui Frans, bahwa luas lahan sekitar luas 2,1 Ha, akan tetapi bangunan gudang sekitar 7500 meter dan 30 persennya untuk ruang hijau. 

"Mengenai masalah perizinan itu merupakan bagian dari tim legal dari PT Wings Food, kita juga tidak berani jika membangun tidak sesuai aturan dan kita juga bukan satu atau dua gudang yang sudah dibangun," Ujarnya. 


Ditanya terkait lahan pengganti yang digunakan sebagai bangunan gudang, pihaknya mengatakan bukan kewenangannya untuk menjelaskan hal itu.  


"Hal ini bukan bagian saya untuk menjelaskan, akan tetapi ada bagian legal untuk mengurus perizinannya," Pungkasnya. 


Sementara Lurah Cicurug Saep Purnama mengatakan, bahwa bangunan gudang tersebut akan dibangun di lahan seluas kurang lebih 7500 meter dan berdiri diatas tanah lahan basah dan kering. 


"Iya, mengingat hasil dari kesepakatan bahwa akan di bangun gudang PT Wings Food dan hari ini telah dilaksanakan peletakan batu pertama," ujarnya kepada terbit.id.


Lanjutnya Saep, bahwa bangunan gudang PT Wings Food tersebut berada di jalan gg Cimelati, dan itu sebagai jalur Pariwisata, dan ini akan berefek pada lalulintas juga, sehingga PT Wings Food harus bisa mematuhi poin-poin yang sudah disepakati. 


"Bahwa dari rekomendasi awal bahwa luas tanah yang akan di bangun yaitu seluas 7500 meter, dan mengenai perluasan kami belum mempunyai data dan informasi," ungkapnya.


Menurutnya, bahwa di dalam proyek pembangunan gudang ini ada lahan basah dan lahan keringnya, akan tetapi ada kesanggupan dari pihak PT Wings Food untuk memperbaiki saluran irigasi. 


"Terkait masalah alih pungsi lahan, mengingat saya tidak mengikuti dari awal jadi ini ranah kewenangan dari pihak Muspika," pungkasnya. 




Reporter.   : Us. 
Redaktur.   :  R.Cking.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PT Wings Food Bangun Gudang di Cicurug Sukabumi, Dimana Lahan Penggantinya ?

Trending Now

Iklan