Jembatan Ciceuwol Penghubung Dua Kecamatan di Cidahu Sukabumi Mulai 10 Mei Dibangun

Redaksi
Jumat, 05 Mei 2023 | 09:34 WIB Last Updated 2023-05-05T07:42:26Z


TERBIT. ID I Sukabumi - Pembangunan jembatan Ciceuwol menghubungkan dua kecamatan Cidahu ke Kecamatan Cicurug akan dilaksanaan dimulai Hari Rabu, 10 Mei 2023.

Hal tersebut di bahas dalam sosialisasi yang digelar di aula Desa Babakanpari, Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Kamis,(4/5/2023). 

Pantauan terbit.id, sosialisasi pembangunan jembatan Ciceuwol dihadiri seluruh steak holder dan dinas terkait, diantaranya Camat Cidahu Jenal Abidin, Kapolsek Cidahu Iptu A Suryana Bande, Danramil 0712/Parungkuda Kapten Inf Feriyanto Permana, Good mundur Gunawan CV Batu Alam Mandiri, UPTD Dinas PU, perwakilan Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi, Para Kepala Desa Se-kecamatan Cidahu; perwakilan HRD Perusahaan di wilayah Cidahu serta unsur-unsur lainnya. 

Dalam sosialisasi Camat Cidahu Jenal Abidin menyampaikan, rencana pembongkaran dan pembangunan kembali jembatan Cicuwol yang secara geografis masuk ke wilayah Kecamatan Cidahu, Kecamatan Cicurug, dan Kecamatan Parungkuda. 

"Insyaallah nanti akan dilaksanakan selama kurang lebih 180 hari atau 6 bulan pengerjaannya," Ujar Jenal.

Hikmah bagi dunia usaha bahwa sebelum bencana, kemarin pada saat diperbaiki mungkin banyak kekhawatiran ketika melewati jembatan tersebut karena tonasenya terbatas insyaallah setelah perbaikan nanti akan adanya peningkatan tonase sehingga aman dan nyaman.

Jembatan ini sangat vital apalagi sekarang sudah dibuka pintu tol ini juga menjadi daya tarik wisatawan ke Kecamatan Cidahu, 

" Kami dari forkopimcam dengan jajaran pemerintah desa pada kesempatan ini akan menyampaikan beberapa hal insyaallah pada hari Rabu 10 Mei 2023 Pukul 09.00 Wib itu sudah dilakukan penutupan total,"Tandasnya.

Owner CV Batu Alam Mandiri Good mundur Gunawan mengatakan, Alhamdulillah CV Batu Alam memenangkan tender untuk pembangunan Jembatan Ciceuwol. 

" Anggaran pembangunan Jembatan Ciceuwol ini bersumber dari BPBD Pusat sebesar 2,7 Milyar di potong Ppn, Pph," Jelas Ugood. 

Lebih lanjut Ugood, bahwa volume pembangunan Jembatan Ciceuwol lebih lebar dari Jembatan awal. Awalnya Jembatan lebar hanya 5 meter. 

" Lebar asal Jembatan 5 meter dan nanti jika sudah selesai lebarnya menjadi 7,5 meter dengan reling,"

Pelaksanaan pembanguan memakan waktu maksimal 6 bulan, mengingat seluruhnya menggunakan cor beton dan juga diawasi oleh Jasa konsultan dari pihak swasta. 

" Kami berharap kepada seluruh pihak untuk bersabar serta minta maaf selama pembangunan jembatan aktifitas masyarakat secara umum dan secara khusus bagi perusahaan yang ada di wilayah Cidahu terganggu," Tutur Ugood. 

Ugood menambahkan, Kendati tidak ada di RAB  pembuatan jembatan sementara untuk  pejalan kaki namun pihaknya membuatkan jembatan pejalan kaki, agar  memudahkan masyarakat yang tidak menggunakan kendaraan," Pungkasnya. 

Sementara itu Kapolsek Cidahu Iptu A Suryana Bande menyampaikan, Rekayasa lalu lintas selama penutupan jembatan Cicuwol diantaranya. 

" Untuk kendaraan roda dua dan empat melalui jalur alternatif jalan Simpang Talang Desa Babakanpari menuju ke Tangkil Cidahu," Ujarnya. 

Bisa juga melalui jalur alternatif simpang Bangbayang Kecamatan Cicurug menuju ke Desa Tangkil Kecamatan Cidahu. 

Khusus kendaraan roda dua melalui jalur alternatif perumahan Mekarsari Cicurug menuju ke sekolah Al-Qudsiyah Desa Babakan Jaya. 

" Kendaraan roda dua bisa juga melalui jalan gang H. Ridwan Desa Pondokkaso Tonggoh menuju Kampung Sawah Desa Babakanpari," Tandasnya. 


Reporter.   : Us. 
Redaktur.  : R. Cking. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jembatan Ciceuwol Penghubung Dua Kecamatan di Cidahu Sukabumi Mulai 10 Mei Dibangun

Trending Now

Iklan