Bimtek di Cimalati Cicurug Sukabumi Cerdaskan Petani dan Penyuluh

Redaksi
Selasa, 16 Mei 2023 | 15:32 WIB Last Updated 2023-05-16T08:33:52Z


TERBIT.ID I Sukabumi - Bimtek peningkatan kapasitas petani dan penyuluh pertanian di wilayah koordinasi Politeknik Pembangunan pertanian Bogor Badan penyuluhan dan pembangunan pertanian di Taman rekreasi Cimalati, Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Selasa, (16/5/2023). 

Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor Saefudin mengatakan, Ada dua komponen yang sangat penting di dalam petani dan penyuluh. Penyuluh itu harus memberi penyemangat kepada petani agar pola pikir, pola hidup dan cara kerja para petani itu sesuai dengan kemajuan teknologi dan perkembangan jaman. 

Salah satunya strateginya ini melalui bimtek, bimtek ini menyangkut benih mukai dari hulu sampai hilir, nah ini dilatihkan kepada para penyuluh dan petani.

" Kemudian saya kira ada program utama Kementerian Pertanian sekarang ini yang lagi gencar-gencarnya itu pengembangan secara optimal pupuk organik," Ujar Saefudin. 

Lebih lanjut Saefudin, Di mana penggunaan pupuk non organik seperti urea, tsp yang digunakan dalam jumlah yang banyak potensi bisa merusak tanah. 

" Ini yang diantisipasi oleh Kementerian Pertanian untuk mencegah kerusakan tanah, karena tanah ini adalah yang harus kita jaga dan kami salut dengan anggota DPR-RI komisi lV kerjasama dengan Kementan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang terjadi dibidang pertanian," Ungkapnya. 

Ada banyak masalah-masalah dibidang pertanian,  lahan petani hanya dua hektar sehingga tidak bisa kaya dengan pertanian monokultur kayaknya dengan harus pertanian diversifikasi kemudian tingkat pendidikan itu menjadi latar belakang itu 80 persen kemudian akses di wilayah itu sangat terbatas. 

" Nah inilah dengan bimtek ini kita bisa tingkatan kualifikasi dari pada petani dan penyuluh," Pungkasnya. 


Reporter.   : Us. 
Redaktur.   : R.Cking.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bimtek di Cimalati Cicurug Sukabumi Cerdaskan Petani dan Penyuluh

Trending Now

Iklan