Bencana Angin Puting Beliung di Kecamatan Cidahu Sukabumi, Begini Kata Kabid BPBD Kabupaten Sukabumi

Redaksi
Kamis, 04 Mei 2023 | 14:16 WIB Last Updated 2023-05-04T07:24:57Z



TERBIT.ID I Sukabumi - Angin puting beliung mengakibatkan  puluhan rumah warga di Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada hari Rabu (03/05/23).


Pantauan terbit.id di lokasi Pantauan terbit.id, Sebelum ke TKP angin puting beliung gelar apel gabungan di halaman kantor Desa Tangkil terdiri unsur TNI, POLRI, BPBD Kabupaten Sukabumi, Pemerintah Kecamatan Cidahu, Pemerintah desa Tangkil dan Desa Girijaya serta unsur terkait.


Usai apel Kapolsek Cidahu IPTU Ahmad Suryana Bande beserta jajarannya, Danramil 0712/Parungkuda Kapten Inf Feri Yanto P beserta jajarannya dan anggota BPBD melakukan asesmen dan pengecekan lokasi serta mengevakuasi pohon yang tumbang menimpa rumah serta puing-puing rumah.



Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sukabumi, Endang Koswara  mengatakan, hari ini melakukan penijauan langsung ke beberapa titik lokasi yang terdampak oleh bencana angin puting beliung di wilayah Kecamatan Cidahu ini.


"Iya, saya didampingi bersama Forkopimcam Cidahu telah mengecek langsung ke lapangan terkait adanya bencana angin puting beliung yang terjadi sekitar pukul 16.00 WIB Sore Kemarin," ujarnya kepada terbit.id Kamis (04/05/23).


Lanjutnya Koswara, Angin puting beliung tersebut mengakibatkan dampak kerusakan rumah warga di 2 Desa yang berada di Kecamatan Cidahu.


" Yaitu di Desa Girijaya sebanyak 20  rumah dengan katagori kerusakan masih dalam tahap asesment tim dilapangan, sedangkan untuk Desa Tangkil sebanyak 35 rumah yang terdampak akibat angin puting beliung ini,"bebernya.


Menurutnya, mengenai spesifikasi katagori kerusakan akibat bencana angin puting beliung ini masih dalam peninjauan tim dilapangan.


"Mungkin hari ini  hasilnya bisa diketahui jumlah kerusakan berat ataupun kerusakan sedang," kata dia.


Upaya yang dilakukan BPBD Kabupaten Sukabumi bersama Forkopimcam Cidahu dibantu para relawan dan masyarakat serta Pemerintah Desa untuk membersihkan puing- puing material.


"Mayoritas kerusakan akibat dari angin puting beliung ini rata - rata di bagian atap rumah, akan terapi ada satu rumah di Desa Tangkil yang tertimpa pohon tumbang," pungkasnya.

 

Reporter : Us
Redaktur : R. Cking

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bencana Angin Puting Beliung di Kecamatan Cidahu Sukabumi, Begini Kata Kabid BPBD Kabupaten Sukabumi

Trending Now

Iklan