-->
  • Jelajahi

    Copyright © TERBIT.ID | BERITA TERBIT HARI INI
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Health

    Ribuan Pengunjung Penuhi Tradisi 'Seren Taun' Kasepuhan Giri Jaya Sukabumi

    TERBIT.ID
    Jumat, 12 Agustus 2022, 12:59 WIB Last Updated 2022-08-12T09:23:14Z

    TERBIT.ID | Sukabumi - Tradisi Seren Taun menjadi wujud rasa bersyukur kepada Allah YME atas hasil panen para petani serta menumbuhkembangkan persatuan, kesatuan serta kekompakan ditengah keberagamaan yang digelar oleh Kasepuhan Giri Jaya, Desa Giri Jaya, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat, (11/8/2022). 

    Pantauan terbit.id, Perayaan tradisi Seren Taun Kasepuhan Girijaya kembali digelar setelah dua tahun lalu sempat dibatasi akibat pandemi covid-19, kini kembali dibuka untuk pengunjung(masyarakat) luar kota dan Kabupaten Sukabumi. 

    Ketua panitia Seren Taun Kasepuhan Giri Jaya Yana Rosadi yang akrab di panggil Apek mengatakan, Tradisi budaya Seren Taun Kasepuhan merupakan warisan turun-temurun ini merupakan perayaan yang ke-195. Adapun pada tahun ini perayaan yang rutin dilaksanakan setiap tahun digelar oleh generasi ke-5 dari kasepuhan Girijaya. 

    Pada tahun ini kegiatannya sendiri dimulai sejak Selasa, 9 Agustus 2022 dengan menyelenggarakan pagelaran seni sunda, dilanjut dengan ritual potong kerbau dan pengajian bersama MUI pada Rabu, lalu pada Kamis digelar berbagai pertunjukan seni dari berbagai daerah, 

    "Alhamdulilah tadi pagi (12/8/2022) acara puncak telah digelar yakni sedekah dan ruwatan bumi, sebagai bentuk rasa syukur kepada yang kuasa atas hasil panen yang dihasilkan," ungkap Apek, Jumat (12/8/2022). 

    Lebih lanjut Apek, mewakili kasepuhan Girijaya meminta maaf jika ada kekurangan dari segi fasilitas, 
    "Harapannya lebih meriah lebih kondusif aman damai dan juga fasilitas yang belum ada atau kurang bisa terealisasi agar para pengunjung bisa nyaman," ujar Apek. 

    Salah seorang pengunjung berasal dari Banten, Syarif (40 tahun) mengaku cukup terhibur bisa menonton berbagai pertunjukan seni yang digelar pada acara Seren Taun kali ini. Ia yang sudah tiga kali menghadiri perayaan ini pun mengaku senang rasa kangennya bisa terobati setelah dua tahun tidak bisa hadir, 

    "Cukup terhibur juga abis korona baru bisa ke sini lagi, jadi kangen juga," Ucapnya. 

    Sementara kepada terbit.id, Kepala Desa Girijaya, Dindin Saripudin mengatakan, bahwa ada sekitar 10.000 pengunjung dari berbagai kota dan Kabupaten luar Sukabumi yang menghadiri perayaan Seren Taun kali ini. 

    "Alhamdulillah dari Banten, Karawang, Subang, Indramayu, Cianjur, yang hadir kurang lebih ada 10.000, dapat dilihat dari karcis mobil yang tercatat juga ada sekitar 722 mobil dari luar daerah, harapannya dinas terkait bisa mengelola dan menata agar lebih baik terutama terkait lahan parkir pengunjung," Tandas Dindin. (R Cking). 
    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru