Health

Dzikir Setiap Waktu, Obat dari Segala Jenis Penyakit

TERBIT.ID
Minggu, 26 Desember 2021, 04:21 WIB Last Updated 2021-12-25T21:21:45Z
 

TERBIT ■ Banyak yang belum memahami, bahwa Dzikir merupakan ibadah sunnah yang paling dianjurkan untuk dikerjakan setiap saat. Di dalamnya mengandung banyak kebaikan dan keutamaan.

Para ulama bahkan menyebutkan, bahwa Zikir adalah harta surga. 

عن أبي موسى الأشعري رضي الله عنه قال: قال لي النبي صلى الله عليه وسلم: ((ألا أَدُلُّك على كَنزٍ مِن كنوز الجنة؟))، فقلت: بلى يا رسول الله، قال: ((قل: لا حول ولا قوة إلا بالله))

Dari Abu Musa Al Asy’ari, dia berkata, “Nabi, berkata kepadaku, Maukah aku membimbingmu ke harta karun di antara harta surga?” Aku berkata, ‘Ya, wahai Rasulullah. Dia berkata, “Katakanlah: Tidak ada daya dan kekuatan selain Allah.”

Banyak umat Islam yang kurang memahami kalimat hauqalah. Kalimat ini merupakan bacaan ‘Laa Haula Wa Laa Quwwata Illa Billaah’.

Membaca hauqalah, menurut Imam Ahmad yang meriwayatkan hadis dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW bersabda,

“Perbanyaklah membaca Laa Haula Wa Laa Quwwata Illa Billaah, karena sesungguhnya adalah salah satu harta simpanan di surga.”

Dalam riwayat yang lain disebutkan, kalimat ini merupakan obat dari ratusan jenis penyakit. Siapa yang mengamalkannya dengan sepenuh keyakinan akan berhak mendapatkan keajaiban langsung dari Allah.

Kalimat ini juga harus terus dihayati maknanya dan ditanamkan di hati, dilafalkan di lisan, dan berupaya diamalkan dalam keseharian.

Kalimat ini mengandung makna bahwa semua jenis ketaatan yang dilakukan oleh seorang hamba hanya bisa terlaksana karena pertolongan dari Allah SWT.

Imam Ahmad dalam Musnadnya meriwayatkan hadits yang dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,

أَكْثِرُوا مِنْ قَوْلِ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ فَإِنَّهَا كَنْزٌ مِنْ كُنُوزِ الْجَنَّةِ

“Perbanyaklah membaca Laa Haula Wa Laa Quwwata Illaa Billaah, karena sesungguhnya adalah salah satu harta simpanan di surga.” (**)


Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita Terbaru