Jepang Meluncurkan Aplikasi Pelacakan Kontak COVID-19

TechnoNews
Senin, 22 Juni 2020 | 00:25 WIB Last Updated 2021-06-12T13:01:12Z
Jepang Meluncurkan Aplikasi Pelacakan Kontak COVID-19

TERBIT ■ Pemerintah Jepang hari ini merilis aplikasi pelacakan kontak coronavirus untuk iOS dan Android.

Aplikasi tersebut mengandalkan platform pemberitahuan paparan yang dikembangkan bersama oleh Google dan Google, menggunakan Bluetooth untuk membantu menentukan apakah pengguna telah melakukan kontak dekat dengan orang lain yang telah dinyatakan positif COVID-19.

Meskipun daftar toko aplikasi hanya membaca "COVID-19 Contact App," Jepang menyebut aplikasi tersebut sebagai COCOA, sebuah backronym yang agak berbelit-belit yang merupakan singkatan dari COVID-19 Application-Confirming Application.

aplikasi ini dikembangkan oleh para insinyur Microsoft, menurut Nikkei, yang dipekerjakan pada Mei setelah kondisi Google dan Apple dilaporkan membuat pemerintah mengabaikan pekerjaan yang dilakukan oleh tim yang berbasis di Tokyo demi perusahaan yang lebih besar.

COCOA tidak menyimpan informasi pribadi seperti data lokasi atau nomor telepon, kata pemerintah, sesuai dengan platform pelacakan Apple dan Google. Alih-alih, ia merekam data yang menandai telepon yang dienkripsi yang telah berada dalam jarak satu meter selama lebih dari 15 menit; ketika satu orang melaporkan fakta bahwa mereka telah dites positif COVID-19, pengguna lain tersebut akan diberi tahu.

Beberapa negara telah memperdebatkan pendekatan mereka untuk menghubungi pelacakan aplikasi dalam beberapa bulan terakhir, dengan beberapa pemerintah mencari lebih banyak kontrol atas data daripada yang diizinkan Apple dan Google API.

Sementara Jerman merilis aplikasi sendiri berdasarkan pada platform yang sama, setelah awalnya berencana untuk mengembangkan sistem yang berbeda, dan Inggris juga mundur minggu ini pada aplikasi NHS eksklusif yang telah dalam pengujian.

Wabah coronavirus Jepang relatif kecil mengingat ukuran negara itu, dengan 17.668 kasus dan 935 kematian dikonfirmasi sejauh ini.

Angka itu mewakili angka 140 kasus per juta orang, dibandingkan dengan 6.779 di AS dan 1.060 di seluruh dunia.

Hari ini, pemerintah mengangkat sarannya untuk menghindari perjalanan antara Tokyo dan prefektur sekitarnya, dan musim Nippon Professional Baseball yang tertunda akan dimulai di stadion malam ini.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jepang Meluncurkan Aplikasi Pelacakan Kontak COVID-19

Trending Now

Iklan